Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UI Selenggarakan Workshop Series and Publication for International Journal

Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UI Selenggarakan Workshop Series and Publication for International Journal

 

Saskia Ananda ~ Humas FEB UI

DEPOK (17/92018) Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia selenggarakan Workshop Series and Publication For International Journal yang bertempat di Auditorium Kelas Khusus Internasional FEB UI.

Workshop ini membahas mengenai “Academic writing and publication for international journal” dengan menghadirkan narasumber yaitu Professor Dr. M. Kabir Hassan selaku professor di University of New Orleans, USA di sesi pertama dan Rahmatina A. Kasri selaku Head of Center Faculty Economic and Business di sesi 2.

Professor Dr. M. Kabir Hassan memulai presentasinya dengan menjelaskan mengenai Ekonomi Islam. “Islamic Economic is a social science that integrates human understanding of divine sources of knowledge into the study of economic problem.” Selanjutnya, ia menjelaskan mengenai Islamic Economics and Finance (IEF). Hingga saat ini, IEF hanya memiliki jurnal dan penerbit perifer sebagai outlet publikasi.

Dalam workshop ini, Professor Dr. M. Kabir Hassan juga menjelaskan beberapa alasan mengapa banyak jurnal ditolak. Beberapa alasannya adalah, jurnal tidak original, Tulisan tidak sesuai untuk jurnal, masalah etika, dan adanya konflik kepentingan. Salah satu pesan yang disampaikan oleh Professor Dr. M. Kabir Hassan adalah “Always publish with a purpose and if you get rejection don’t give up” ujar beliau.

Dalam sesi ke 2, Rahmatina A. Kasri membahas lebih dalam mengenai berbagai teknik dan proses penulisan artikel ilmiah dan bagaimana tulisan kita dapat di publikasikan dalam jurnal internasional. Berdasarkan pengalaman Rahmatina A. Kasri menjadi editor dan reviewer untuk jurnal internasional beliau mengatakan bahwa penulis harus memilih publikasi atau jurnal yang tepat. Karena seringkali jurnal ditolak mengirim ke publikasi yang salah. Maka dari itu, sebelum mengirim artikel kita harus survei telebih dahulu. Dalam penulisan kita juga harus memperhatikan mengenai Bahasa yang digunakan, karena 50% artikel ditolak karena adanya masalah bahasa.

Dalam sesi 2 ini, peserta Workshop Series and Publication For International Journal ini juga diberi kesempatan untuk mengirimkan artikel yang sudah mereka tulis untuk dibedah dan dibahas bersama-sama. (Des)