Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI Datangkan Pembicara Seminar Mingguan Dari Jepang

Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI Datangkan Pembicara Seminar Mingguan Dari Jepang

 

Saskia Ananda – Humas FEB UI
Delli Asterina – Humas FEB UI

DEPOK (5/92018) ─ Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan Visitasi dan Presentasi dengan narasumber Professor Yasuyuki Todo dari Waseda University. Acara ini berlangsung di Ruang Suntoro Isman, Gedung Departemen Ilmu Ekonomi.

Materi yang dibahas adalah mengenai Propagation of Economic Shocks through Global Supply Chains. Presentasi ini juga membahas mengenai propagation within a country dan Data Global Supply Chain yang didapatkan dari perusahaan yang memiliki supply chain dan perusahaan yang tidak memiliki supply chain.

Professor Yasuyuki Todo juga membahas mengenai dampak ekonomi dari Hurricane Sandy yang terjadi di tahun 2012. Hurricane Sandy merupakan bencana alam yang memiliki dampak kerusakan ekonomi terbesar ke-2 setelah tahun 2010.

“Hurricane Sandy tidak hanya berdampak kepada perusahaan di Amerika Serikat namun juga berdampak kepada perusahaan di seluruh dunia,” kata Professor Yasuyuki Todo

Dari data yang ditampilkan oleh Professor Yasuyuki, Jepang terkena dampak ekonomi paling besar yaitu 20,28% sedangkan Indonesia terkena dampak sebesar 1,86%. Data ini didapatkan dari FEMA Hurricane Sandy Analysis.

“Propagasi besar terjadi di dalam negeri tetapi tidak banyak propagasi yang terjadi dengan perusahaan-perusahaan internasional dan tidak adanya propagasi yang terjadi di luar negeri. Banyaknya jaringan dan kolaborasi-kolaborasi penelitian adalah hal yang memperkuat propagasi,” tutup Professor Yasuyuki Todo

Acara ini diakhiri oleh penyerahan cindera mata berupa plakat dari Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia kepada Professor Yasuyuki Todo dan juga pemberian cindera mata dari Professor Yasuyuki Todo kepada Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI. (Des)