Dosen Akuntansi FEB UI Memperoleh Penghargaan Best Paper on Recognition of Outstanding Contribution Pada Ajang Global Conference on Business and Social Sciences 2018

Dosen Akuntansi FEB UI Memperoleh Penghargaan Best Paper on Recognition of Outstanding Contribution Pada Ajang Global Conference on Business and Social Sciences 2018

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Global Conference on Business and Social Sciences (GCBSS) merupakan konferensi internasional mengenai bisnis dan ilmu sosial yang diselenggarakan oleh Global Academy of Training & Research (GATR), Malaysia bekerjasama dengan University Of Prešov (Slovakia), Universitas Kelaniya, (Sri Lanka) dan Universitas Brawijaya (Indonesia), Elsevier (Inggris), Inderscience (Swiss), Universitas Czestochowa Teknologi (CUT) Polandia, Universitas Kairo, (Mesir), Universitas Kalasalingam, (India), Asia-Pacific Institute of Dispute Management (APIDM) Australia. Pada tahun ini, Global Conference on Business and Social Sciences memasuki usia ke-7 tahun dan diselenggarakan di Cinnamon Grand Hotel, Colombo, Sri Lanka, (20–21/8/2018).

Makalah atau paper yang menjadi kriteria dari GCBSS ini terdiri dari lima belas bidang tematik dengan berbagai pendekatan dan metodologi penelitian. Ini termasuk pada bidang manajemen tertentu mulai dari akuntansi melalui ekonomi dan perbankan untuk manajemen umum, pemasaran dan metodologi mulai dari pendekatan hipotetik-deduktif melalui studi kasus kualitatif untuk teorisasi kritis.

Di malam puncak penganugerahan pada 20 Agustus 2018, salah satu perwakilan dari Indonesia, yaitu Dr. Ratna Wardhani, S.E., M.Si., Dosen Pengajar pada Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan dengan kategori ‘Best Paper on Recognition of Outstanding Contribution’.

“Tentu, saya memperoleh penghargaan ini tidaklah mudah, karena bersaing dengan peserta yang berasal dari universitas terbaik dari berbagai negara, seperti Malaysia, India, Jepang, Korea, Sri Lanka, dan Indonesia lainnya,” ucap Ratna Wardhani.

Paper yang diangkat berjudul “The Effect of Audit Quality and Degree of IFRS Convergence on the Accrual Earnings Management in ASEAN Countries”. Di dalamnya membahas bagaimana dampak dari kualitas audit terhadap perilaku accrual earnings management dengan menggunakan konteks negara-negara di ASEAN. Selain itu, penelitian ini juga mengobservasi dampak dari konvergensi standar akuntansi terhadap pengaruh kualitas audit terhadap earnings management tersebut. Data diperoleh dari database Data Stream yang dikeluarkan oleh Thomson Reuters dan informasi perbedaan standar Akuntansi antar negara yang dikeluarkan oleh KAP Big 4.

“Langkah ke depannya, paper ini sudah ditawarkan untuk publish di jurnal berindeks scopus. Namun, sebelum mempublishnya, saya harus melakukan review dan perbaikan demi menghasilkan paper yang lebih baik lagi,” tutupnya. (Des)