Doktor Unggul Kustiawan Kaji Kualitas Teknologi Self-Service Pada Pengalaman Belanja Online

Doktor Unggul Kustiawan Kaji Kualitas Teknologi Self-Service Pada Pengalaman Belanja Online

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Unggul Kustiawan (1106105045) yang belangsung di gedung Pascasarjana, pada Kamis (19/7/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Robert Simanjuntak, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Prijono Tjiptoherijanto, Ph.D. (Promotor), Dr. Rizal Edy Halim (Ko-Promotor). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Ketua Penguji), Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra, Gita Gayatri, Ph.D., Harryadin Mahardika, Ph.D., Dr. M. Gunawan Alif, dan Dr. T. Ezni Balqiah.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Pengaruh Kualitas Teknologi Self-Service Setelah Kegagalan dan Pemulihannya Pada Pengalaman Belanja Online, Kepuasan, dan Minat Membeli Kembali” Penelitian ini melibatkan dua kelompok pelanggan, sebuah kelompok yang merasakan kegagalan untuk menjadi tanggung jawab mereka sendiri dan tanggung jawab situs belanja online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui survei dalam konteks layanan belanja online. Data penelitian dikumpulkan oleh kuesioner yang dikelola sendiri, yang melibatkan 200 responden, diambil dengan metode mal intercept. Metode analisis yang digunakan adalah model pemodelan persamaan struktural kuadrat terkecil parsial.

Temuan utama dari penelitian ini adalah kualitas teknologi swalayan setelah kegagalan dan pemulihan teknologi swalayan mempengaruhi pengalaman belanja online dan kepuasannya. Temuan lainnya adalah pengalaman belanja online berpengaruh terhadap kepuasan belanja online, dan kepuasan belanja online memengaruhi niat pembelian kembali.

Selain itu, temuan penelitian ini memiliki implikasi untuk perusahaan situs web belanja online seperti untuk mengembangkan strategi pemulihan kegagalan layanan, untuk meningkatkan kualitas teknologi self-service dan pengalaman pelanggan. Penelitian ini menggunakan teori konfirmasi harapan dan teori atribusi tentang pengaruh kualitas teknologi swalayan setelah kegagalan dan pemulihannya pada dua kelompok pelanggan, yang didasarkan pada atribusi lokus tanggung jawab kegagalan. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas teknologi swalayan setelah kegagalan dan pemulihannya pada pengalaman belanja online, kepuasan, dan niat pembelian kembali.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Unggul Kurniawan dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-263 Ilmu Manajemen Pemasaran. Selamat kepada Dr. Unggul Kustiawan! (Des)