Disertasi Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Kapabilitas Organisasi Pada Industri Perhotelan di Indonesia Menjadikan Elok Savitri Pusparini Doktor Manajemen Stratejik

Disertasi Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Kapabilitas Organisasi Pada Industri Perhotelan di Indonesia Menjadikan Elok Savitri Pusparini Doktor Manajemen Stratejik

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Elok Savitri Pusparini (1306417036) yang belangsung di gedung Pascasarjana, pada Kamis (19/7/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Dr. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Budi Wibowo Soetjipto, DBA. (Promotor), Riani Rachmawati, Ph.D. (Ko-Promotor 1), Dr. Lily Sudhartio (Ko- Promotor 2). Selaku tim penguji, Sari Wahyuni, Ph.D. (Ketua Penguji), Aryana Satrya, Ph.D., Dr. Jimmy Sadeli, Dr. Setyo Hari Wijanto, dan Dr. Yanki Hartijasti.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Kapabilitas Organisasi Terhadap Implementasi Strategi Berwawasan Lingkungan dan Kinerja Organisasi (Studi Empiris Pada Industri Perhotelan di Indonesia”. Peningkatan intensitas environmental uncertainty dan stakeholder pressures terhadap bisnis ramah lingkungan pada negara berkembang seperti Indonesia, menuntut organisasi untuk memberikan respon terhadap tekanan yang berasal dari pihak eksternal sebagaimana diskusi yang mengakomodasi literatur tentang dinamika perubahan lingkungan dan literatur stakeholder ke dalam ranah strategic management.

Dengan menggunakan model yang mengintegrasi Instituational Theory, Resource Depedence Theory, Resource-based Theory dan Behavioral Theory of The Film, penelitian ini mengukur mengenai industri perhotelan di Indonesia merespon terhadap ketidakpastian lingkungan yang tinggi, tekanan terhadap bisnis ramah lingkungan, dan memgenai Organizational Cognition memainkan peran dalam menentukan keputusan organisasi untuk mengimplementasi Proactive Environmental Strategy.

Organjsasi merespon perubahan eksternal dengan memperhitungkan faktor sumnber daya dan kapabilitas internal. Secara bersama-sama, faktor eksternal dan internal akan memnawa pengaruh terhadap organizational performance. Hasil temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa persepsi manajer hotel terhadap faktor lingkungan dan tekanan yang datang dari elemen-elemen stakeholder memiliki pengaruh positif dalam keputusan untuk mengimplementasikan Proactive Environmental Strategy, sementara peran mediasi Organizational Cognition yang menjembatani faktor Environmental Uncertainty, Stakeholder Pressure, dan Strategic Capabilities menunjukkan hasil yang berbeda.

Penelitian ini juga menemukan pengaruh positif dan signifikan dari Proactive Environmental Strategy terhadap Organizational Performance. Merujuk pada hasil yang didapat, penelitian ini memberikan kontribusi bagi perkembangan teoritis dalam konteks Strategic Management, implikasi manajerial, implikasi kebijakan terkait industri perhotelan di Indonesia, dan saran untuk penelitian yang akan datang.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Elok Savitri Pusparini dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-261 Ilmu Manajemen Stratejik. Selamat kepada Dr. Elok Savitri Pusparini! (Des)