Elvis Ronald Sumantri Doktor Bidang Akuntansi ke-60 Dengan Predikat Cumlaude

Elvis Ronald Sumantri Doktor Bidang Akuntansi ke-60 Dengan Predikat Cumlaude

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Elvis Ronald Sumanti (1406591661) yang belangsung di gedung Pascasarjana, pada Senin (16/7/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Dr. Sylvia Veronica NPS (Promotor), Dr. Ancella A. Hermawan (Ko-Promotor 1), Dr. Djoni Hartono (Ko- Promotor 2). Selaku tim penguji, Hilda Rossieta, Ph.D. (Ketua Penguji), Helson Siagian, Ph.D., Dr. Ratna Wardhani, Dr. Budi Frensidy, dan Siti Nuryanah, Ph.D.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “The Analysis of the Determinants and Consequences of Earnings Game Mechanisms Interplays: International Evidence”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang berbagai tujuan perusahaan (yaitu motif kompensasi, perjanjian utang, target pasar modal dan penghindaran pajak) sebagai hasil dari kontrak hubungan dengan pemangku kepentingan yang mendorong perusahaan / agen untuk menggunakan semua mekanisme yang mungkin untuk mencapai tujuan mereka. Karena informasi penghasilan telah menjadi salah satu informasi terpenting mengenai banyak kontrak terikat, maka dihipotesiskan bahwa firma / agen oportunistik mungkin menggunakan semua mekanisme yang tersedia secara bergantian untuk mencapai tujuan.

Dengan berfokus pada negara-negara ASEAN+3 selama 2010-2016, studi ini menemukan bahwa laporan keuangan akhir perusahaan adalah hasil dari pilihan oportunistik dari metode akuntansi yang tepat melalui manajemen laba akrual, manajemen kegiatan operasional (manajemen laba riil), dan penyebaran informasi informal untuk mengelola ekspektasi. Semua mekanisme ini dilaksanakan secara bersamaan secara empiris.

Interaksi menggunakan mekanisme tersebut dalam permainan pendapatan mengandung konsekuensi ekonomi. Itu mempengaruhi biaya ekuitas dan biaya utang. Interaksi mekanisme tersebut dan hal itu mempengaruhi persepsi investor dimoderasi oleh IFRS dan perlindungan investor. Studi ini menggambarkan tekanan dari pemangku kepentingan, reaksi perusahaan melalui pemilihan mekanisme yang tepat untuk menghadapi tekanan tersebut, konsekuensi ekonomi yang ditemui sebagai hasil dari keterlibatan perusahaan dalam permainan pendapatan.

Implikasi teoritis dan praktis dari penelitian ini terhadap literatur tentang permainan laba adalah tiga kali lipat. Penelitian ini memberikan kontribusi (1) untuk menekankan pentingnya mempertimbangkan pendekatan integratif dalam penelitian akuntansi untuk mempercepat kemajuan dalam ilmu akuntansi, (2) untuk pengenalan “permainan produktif” sebagai terminologi inklusif yang terbukti secara empiris untuk menggabungkan manajemen laba dan manajemen bidang perkiraan bunga, dan (3) untuk menyoroti ketidakmampuan mekanisme gatekeeper saat ini untuk mengekang perilaku oportunistik di pasar modal.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Elvis Ronald Sumanti dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-60 Bidang Ilmu Akuntansi. Selamat kepada Dr. Elvis Ronald Sumanti!