Mahasiswa FEB UI Raih Juara Utama Mahasiswa Berprestasi Nasional 2018

Mahasiswa FEB UI Raih Juara Utama Mahasiswa Berprestasi Nasional 2018

 

Nino Eka Puta ~ Humas FEB UI

DEPOK – Evita Martha Dewi berasal dari Mahasiswa Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia angkatan 2015 berhasil meraih gelar Juara Utama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional tahun 2018.

Pilmapres Nasional 2018 diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti dengan mengusung tema Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing Tinggi serta Berkarakter yang Siap Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 dan puncak acara pengumuman dilaksanakan di Surakarta, Solo, pada Rabu (11/7/2018).

Peserta Pilmapres Nasional diikuti oleh 17 finalis yang terpilih mewakili masing-masing Perguruan Tinggi di Indonesia. Agenda ini berlangsung selama empat hari, pada 9 – 12 Juli 2018. Seluruh peserta Pilmapres Nasional berjuang dalam mempresentasikan dan mempertahankan karya ilmiahnya yang dititikberatkan pada pemanfaatan teknologi informasi maupun pengembangan hasil inovasi yang dapat didiseminasikan secara luas.

Martha, sapaan akrabnya dalam ajang Mapres Nasional ini mengusung topik karya ilmiah mengenai ‘Entrepreneurship dan atau Technopreneurship’. Dan dikembangkan menjadi bentuk karya ilmiah bertajuk Strategi Integrasi Lembaga Keuangan untuk Penyaluran Kredit Mikro di Indonesia yang berkenaan dengan Penyaluran Kredit Mikro/kredit usaha rakyat untuk UMKM.

“Karya tulis ini nantinya akan saya sumbangkan ke perusahaan ataupun instansi terkait agar menjadi sebuah kenyataan. Karena, saya ingin berkontribusi juga ke universitas dan Indonesia yang sudah mengemban title yang berat untuk bisa dipertanggungjawabkan” ucap Martha saat diwawancarai di Humas FEB UI, (14/7/2018).

Selain itu, Ia mengatakan bahwa selama mengikuti ajang ini, mempunyai kesan sesama finalis Mapres Nasional lainnya, seperti saling membantu dan bekerjasama dalam tim. Meskipun masing-masing dari mereka sudah membawa pendamping dari universitas mereka, tetapi mereka tetap saling bersatu dan berbaur sesama finalis. Dari UI, yang mendampingi Martha selama kompetisi ini di antaranya Dr. Arman Nefi (Direktur Kemahasiswa UI), Pak Adit, dan Pribadi Setiyanto, S.E., M.A., (Kepala Pusat Kegiatan Kemahasiswaan FEB UI).

Dr. Arman Nefi mengucapkan puji syukur atas kemenangan Martha meraih Juara 1 Mapresnas. Almamater tentu bangga sekali dengan capaian ini. “Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan Mapresnas ini. Saya berharap kepada mahasiswa yang lainnya agar berlomba-lomba meraih prestasi terbaik di bidang apapun yang ditekuni, buat almamater UI bangga dan mengharumkan nama Universitas Indonesia” kata Arman.

Sementara itu Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Teguh Dartanto, Ph.D mengatakan sebuah perjuangan tidak kenal lelah dan penuh drama, tetapi Martha menunjukkan kualitas, kapasitas dan mentalitas juara, sehingga mampu mempersembahkan gelar Mapres Nasional 2018. Tentu saya bangga dengan Martha, karena mampu meneruskan tradisi mahasiswa Ilmu Ekonomi menjadi Mapresnas tahun ini dan sebelumnya Irman Faiz (2016). “Harapan saya, semoga Martha bisa terus berprestasi, pantang menyerah, dan selalu bangkit-tegar dimanapun berada setelah lulus nanti” tandas Teguh.

Pribadi Setiyanto, S.E., M.A., selaku Kepala Pusat Kegiatan Mahasiswa FEB UI, menjelaskan bahwa kesuksesan Martha merupakan hasil dari komitmen jangka panjang atas budaya prestatif yang disertai kemampuan kerjasama yang bersangkutan dan didukung oleh pihak terdekat (orang tua, teman, lingkungan kampus). “Harapan saya, bagi Martha tentunya dapat terus berprestasi dan mengemban amanah sebagai panutan. Bagi mahasiswa khususnya FEB UI dapat semakin memicu budaya prestatif yang sudah ada” jelas Pribadi.

Dan terakhir, Martha berkata bahwa ajang ini harus selalu dilakukan, karena merupakan bentuk apresiasi bagi mahasiswa berprestasi dan sebagai wadah untuk bisa menghubungkan mahasiswa lainnya yang memiliki ketertarikan di bidangnya masing-masing. “Dari Mapres ini saya banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman seru serta ingin bercita-cita setelah lulus nanti dapat bekerja di Bank Indonesia atau kementerian atau Bank Dunia yang masih ada kaitannya dengan Ilmu Ekonomi” tutup Martha. (Des)