Prof. Dr. Rhenald Khasali Dinobatkan Sebagai 30 Profesional Manajemen Terbaik Sedunia 2018

Prof. Dr. Rhenald Khasali Dinobatkan Sebagai 30 Profesional Manajemen Terbaik Sedunia 2018

 

Delli Asterina- Humas FEB UI

Depok – Profesor Rhenald Kasali, Ph.D dinobatkan menjadi salah satu profesional management guru terbaik di dunia tahun 2018. Prof. Rhenald menduduki peringkat ke-22 dan merupakan satu-satunya yang mewakili Indonesia pada World’s Top 30 Management Professionals for 2018 yang dirilis oleh lembaga riset The Global Gurus pada Juni 2018.

Penetapan World’s Top 30 Global Gurus, didasarkan atas tujuh parameter, yaitu opini publik (30%); Orisinalitas ide (30%); dampak yang dirasakan masyarakat atas ide-ide yang dimiliki (10%); kegunaan ide (10%); jumlah publikasi dan karya ilmiah (5%) dan presentation style and Guru Factor (15%).

Prestasi ini sekaligus menjadi pembuktian pengakuan dunia akan pendidikan Indonesia khususnya FEB UI di kancah Internasional. Sebagai seorang profesor yang memegang gelar Ph D. dari University of Illinois, Rheinald Kasali cukup produktif dalam menghasilkan tulisan. Beberapa buku telah diproduksi dan di antaranya berjudul Sembilan Fenomena, Kesuksesan Bisnis, Perubahan Presentasi, Recode, Ubah DNA Anda dan banyak lagi. Rhenald Khasali berfokus pada pengembangan bisnis. Dia menegaskan bahwa keberuntungan sejati adalah ketika kesempatan bertemu dengan persiapan selanjutnya. Kewirausahaan tidak ada dengan sendirinya tetapi harus diciptakan.

Rhenald Khasali memantapkan dirinya berkarier menjadi dosen. Padahal sebelumnnya, ia juga sempat bekerja sebagai staf pemasaran dan wartawan di Kompas Gramedia. Karier mengajarnya dimulai di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Pada 4 Juli 2009, Rhenald dinobatkan menjadi guru besar Ilmu Manajemen di Universitas Indonesia. Saat pengukuhannya sebagai guru besar, Rhenald membawakan orasi ilmiah berjudul “Keluar dari Krisis: Membangun Kekuatan Baru Melalui Core Belief dan Tata Nilai.”

Selain menjadi pengajar dan konsultan manajemen, tahun 2007, Rhenald juga membangun Yayasan Rumah Perubahan. Yayasan ini berdiri dengan tujuan untuk menjadikan Indonesia lebih baik melalui misi perubahan. Ide awal membangun yayasan ini mucul akibat buku Change! buku tulisannya sendiri, yang diterbitkan pada tahun 2005.

Tak heran bila dari pengabdiannya banyak prestasi diraihnya. Di antaranya, Rhenald Kasali mendapatkan Piagam Penghargan dari Alice & Charlote Biester Award (1995), Dosen Terbaik FEB UI (2003), Penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia (2004), Penghargaan “Kreativitas” di bidang Pendidikan dari Yayasan Pengembangan Kreativitas, Yayasan Pengembangan Kreativitas (2005), Penghargaan dari Rektor Universitas Indonesia sebagai Penulis Buku (2005), dan pada tahun 2018, Ia terpilih sebagai 30 Profesional Manajemen terbaik sedunia tahun menempati urutan ke-22. (Des)

Daftar World’s Top 30 Management Professionals for 2018 dapat dilihat pada laman: https://globalgurus.org/management/