Mahasiswa Magister Manajemen FEB UI Jadi Runner up Kompetisi Investasi GNAM

Mahasiswa Magister Manajemen FEB UI Jadi Runner up Kompetisi Investasi GNAM   

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI 

 

DEPOK (3/6/2018) – Global Network  for Advanced  Management (GNAM) Investment Competition yang diselenggarakan oleh Yale School of Management merupakan kontes satu-satunya yang didedikasikan untuk investasi ekuitas yang bersumber dari para mahasiswa bisnis terkemuka di seluruh dunia.

Kompetisi ini dikelompokkan berdasarkan tim yang terdiri dari 2 – 6 anggota yang berasal dari masing-masing negara peserta GNAM. Tim tersebut, di antaranya Bhinneka Investment Group dari mahasiswa MM FEB UI, dan peserta lainnya seperti tim CALiforniaflation, Winvestors, IE Rocket Yield, Multiply, Truth Gorup, SOM-e Capital, Heart of Gratitude, Datam Alpha, One Bridge, The Concord Team, The Smurfiteers, Mockingbird, Money Makers, Pink Capital, Case Doctors, Junk Bonds, The Value Miners, Alpha-Omega Investment, Primus Inter Pares, Supreme Pole, dan Incatraz Investment.

Syarat keikutsertaan kompetisi ini dimulai dengan registrasi online terlebih dahulu, kemudian diseleksi (setiap universitas diperbolehkan mengirim maksimal 3 perwakilan tim), menyiapkan presentasi (Oktober 2017 – Mei 2018), dan tim diminta untuk melakukan dua hal, yakni pertama membuat portofolio lima saham dari masing-masing negara sendiri & nantinya akan disimpan selama enam bulan untuk diukur kinerjanya. Kedua, tim diminta untuk menganalisis saham-saham pilihannya dengan menggunakan analisis fundamental.

Selain itu, tim diminta memilih salah satu dari kelima saham tersesbut untuk menulis laporan penelitian lengkap dalam format powerpoint (maksimum 10 halaman termasuk angka, grafik, dan lampiran). Tim juga menulis ringkasan investasi (masing-masing tidak lebih dari 250 kata) untuk 4 saham lainnya. Setiap saham harus diberi harga di atas 95% dari semua saham yang diperdagangkan di pasar negara masing-masing dan harus memiliki nilai perdagangan harian rata-rata selama 20 hari terakhir di 90% teratas perusahaan yang diperdagangkan di bursa pasar lokal.

Dewan juri pada GNAM Investment Competition terdiri dari lima orang, di antaranya Jim Chanos selaku Founder and Managing Partner of Kynikos Associates LP dan Dosen Keuangan dari Becton Fellow di Yale School of Management, John Glass selaku Managing Director in Equity Research, Robert Pohly selaku Founder & Portfolio Manager, Eddie Tam selaku Chief Executive Officer and Chief Investment Officer of Central Asset Investments. Dan Matthew Spiegel selaku Professor of Finance and Director of Graduate Studies at the Yale School of Management.

Untuk tim perwakilan Indonesia, Bhinneka Investment Group yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia terdiri dari Julius V Sihombing, Teuku Fahmi Ariandar, Yulius Kurniawan, Teja Amanda Putra, dan Juli Hartawan. Selama pembutan materi presentasi sebelum disubmit, tim mereka dibimbing oleh Rofikoh Rokhim, S.E., SIP., DEA., Ph.D., selaku Dosen Departemen Manajemen FEB UI.

Selain itu, tim mereka memilih lima saham yang berada di Indonesia, yaitu saham Astra Agro Lestari (AALI), saham Medco Energi (MEDC), saham United Tractor (UNTR), saham Indo Tambangraya (ITMG), dan saham Timah (TINS). Masing-masing mempunyai kontribusi dan bisa bersaing dengan saham pilihan tim lainnya.

Alhasil, Dewan juri berdasarkan penilaiannya selama enam bulan (Oktober 2017 – April 2018) terhadap perkembangan nilai saham per tim, memutuskan bahwa tim Bhinneka Investment Group yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia berhasil sebagai Juara II dengan Index JCI, Team Gross Return sebesar 21,47%, Index Return sebesar -0,19%, dan Team Net Return sebesar 21,66%. Dan berhasil mendapatkan sertifikat yang dikirimkan via email serta uang tunai sebesar 1500 USD. Tak hanya itu, tim mereka mendapatkan kategori best performance portofolio. Selamat untuk Bhinneka Investment Group! (Des)