Tim Peneliti FEB UI Mengikuti Lokakarya Daya Saing Pelabuhan di Australia

Tim Peneliti FEB UI Mengikuti Lokakarya Daya Saing Pelabuhan di Australia

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

Tim peneliti dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), yang dipimpin oleh Dr. Sari Wahyuni, baru-baru ini bergabung dengan Lokakarya Daya Saing Pelabuhan dan Strategi Pembiayaannya selama tiga hari di Melbourne, dari tanggal 4 April hingga 6 April 2018, di Pusat Konferensi Woodward, Melbourne.

 Dr.  Sari Wahyuni Mempresentasikan makalah tentang daya saing pelabuhan di Indonesia

Tim ini terdiri dari Dr Sari Wahyuni ​​(peneliti utama / dosen) Dr Ruslan Prijadi (dosen), Dr Arviansyah (dosen), Waskitha W. Galih (mahasiswa master), dan Aditya R. Nasution (mahasiswa sarjana).

Dr Ruslan Prijadi mempresentasikan makalah strategi pembiayaan pelabuhan di Indonesia

Tim FEB UI adalah bagian dari tim Project Strategic Research Project (SRP) 3 Australia-Indonesia (AIC). Selama acara, tim FEB UI mempresentasikan pembaruan dari dua topik penelitian utama tentang masalah pembangunan pelabuhan Indonesia, dari sudut pandang keuangan perusahaan dan manajemen stratejik. Sari Wahyuni mempresentasikan makalahnya tentang daya saing pelabuhan Indonesia. Makalah ini membahas faktor-faktor yang berkontribusi terhadap daya saing pelabuhan Indonesia dan masalah-masalah yang mereka hadapi. Presentasi tersebut memunculkan diskusi antara rekan Australia dan Indonesia tentang isu-isu yang saat ini mereka hadapi di industri pelabuhan masing-masing. Makalah berikutnya, yang disajikan oleh Ruslan Prijadi, membahas pilihan pembiayaan untuk proyek infrastruktur pelabuhan Indonesia. Sifat proyek infrastruktur yang kompleks dan berjangka panjang seringkali menjadi alasan mengapa penundaan terjadi dalam proyek-proyek infrastruktur. Makalah ini mengkaji strategi untuk menggunakan dana publik dan swasta dalam skema pembiayaan infrastruktur pelabuhan.

Sesi foto bersama dengan seluruh peserta.

Selain presentasi akademis, acara ini juga memfasilitasi presentasi oleh praktisi dari industri pelabuhan Australia, termasuk presentasi oleh Austrade, Port of Melbourne Corporation, Pemerintah Victoria, dan kunjungan ke terminal kontainer DP World dan keTerminal Kontainer Internasional Victoria. (Des)

Foto bersama dengan peserta konferensi selepas kunjungan ke Pelabuhan Melbourne.