FEB UI Gelar Pelatihan Tata Naskah Dinas

FEB UI Gelar Pelatihan Tata Naskah Dinas

Delli Asterina – Humas FEB UI
Ansori Anas – Arsip Sekretariat FEB UI

 

DEPOK (25/5/2018) – Untuk memperbarui pengetahuan dan meningkatkan keterampilan tenaga kependidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menyelenggarakan pelatihan tata naskah dinas yang terbaru yang berlaku di UI sesuai dengan Peraturan Rektor UI Nomor 59 Tahun 2017 tentang Tata Naskah Dinas Universitas Indonesia. Pelatihan ini dihadiri juga oleh Kepala Kantor Arsip UI, Ir. Anon Mirmani, MIM-Arc/Rec yang menyampaikan tentang peraturan tata naskah dinas yang baru di lingkungan UI dan kemudian dilanjutkan sambutan oleh Desti Fitriani, SE.Ak., MA., CPMA., Sekretaris Pimpinan FEB UI yang menyampaikan pentingnya pelatihan ini dalam membangun tertib administrasi di lingkungan FEB UI. Pada kesempatan pelatihan ini juga dilakukan sosialisasi Surat Edaran No.SE-2000/UN2.F6.D/HKP.04/2018 tentang Ketentuan Penggunaan Kode Surat Menyurat Dinas di Lingkungan FEB UI.

“Pelatihan ini merupakan suatu inisiatif dari FEB UI untuk mulai menerapkan nomenklatur tata persuratan yang terbaru yang ditetapkan oleh Rektor UI. Ke depannya, kita juga dituntut untuk melakukan digitalisasi pengarsipan seluruh dokumen, termasuk tata persuratan. Upaya digitalisasi arsip ini akan dijalankan secara bertahap, dimulai dengan Sistem Informasi Peraturan dan Prosedur secara bertahap akan dilengkapi dengan arsip dokumen lainnya yang dibutuhkan dalam upaya tertib administrasi”, ujar Desti Fitriani.

Materi yang disampaikan pada pelatihan ini yaitu Implementasi Tata Naskah Dinas Universitas Indonesia yang disampaikan oleh A. Bayu Setyawan, S.Hum dari Kantor Arsip UI dan Aspek Kebahasaan dalam Penyusunan Tata Naskah Dinas yang disampaikan oleh Ibnu Wahyudi, SS., M.A. yang merupakan Dosen di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indoseia (FIB UI). Implementasi Tata Naskah Dinas memaparkan mengenai konsep dasar, jenis, format, penulisan hingga penyampaian naskah dinas. Sedangkan untuk Aspek Kebahasaan memaparkan mengenai bagaimana menulis surat secara Efektif, Nikmat, Akurat dan Konsisten (ENAK) kepada pembaca surat.

Para peserta sangat antusias mengikuti acara ini hingga dihadiri oleh 62 tenaga kependidikan yang berasal dari berbagai Departemen, Program Studi, Unit Kerja dan Lembaga di FEB UI. Mereka mengajukan beberapa pertanyaan kepada kedua narasumber hingga acara berakhir pun beberapa peserta masih menemui narasumber untuk mengajukan pertanyaan terkait penulisan surat yang baik. (Des)

 

 

 

Leave a Reply