The Co-insurance Effect Hypothesis and the Cost of Bank Loans: Evidence from Indonesian Pyramidal Business Groups

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Yane Chandera (1406591573), di gedung Pascasarjana ruang 401-403, pada Rabu (2/5/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal, Ph.D., dengan pembimbing, Dr. Cynthia Afriani Utama (Promotor), Zaafri Ananto Husodo, Ph.D. (Ko- Promotor 1), Lukas Setia Atmaja, Ph.D. (Ko- Promotor 2). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Lindawati Gani (Ketua Penguji), Prof. Eduardus Tandelilin, Ph.D., Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra, Dony Abdul Chalid, Ph.D., dan Ruslan Prijadi, Ph.D.

Judul disertasi yang diangkat mengenai “The Co-insurance Effect Hypothesis and the Cost of Bank Loans: Evidence from Indonesian Pyramidal Business Groups”. Disertasi ini mempelajari hubungan antara posisi perusahaan di dalam piramida dan biaya utang perusahaan di pasar keuangan suatu negara berkembang di Asia dengan karakteristik pasar antara lain: terdapat banyak perusahaan piramida, sistem perlindungan hukum yang lemah, dan ketergantungan pada utang bank. Kami menganalisis topik ini dengan menggunakan sampel kontrak utang bank di Indonesia selama periode 2006-2016. Kami menemukan bahwa bank menetapkan suku bunga lebih rendah pada perusahaan yang berada pada lapisan bawah dalam rantai piramida, bahkan setelah kami mengontrol berbagai faktor termasuk expropriation risk.

Penemuan ini mengindikasikan bahwa bank menganggap perusahaan di lapisan bawah menerima co-insurance effect yang lebih besar daripada perusahaan di lapisan atas karena terdapat lebih banyak group internal resources yang dapat diakses oleh perusahaan di lapisan bawah yang dapat digunakan untuk menurunkan credit risk.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Yane Chandera (1406591573) dinyatakan lulus dengan predikat “Cumlaude” dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-249 dengan kekhususan Ilmu Manajemen Keuangan. Semoga ilmu dan gelar yang diperoleh berguna bagi pribadi, bangsa, negara, dan khususnya untuk keluarga tercinta.  (Nino Eka Putra)