Pengaruh Kepemimpinan Kepolisian dalam Menciptakan Inovasi pada Budaya Organisasi untuk Memberikan Pelayanan Berkualitas: Studi Organisasi Publik Polri pada Pelayanan Lalu Lintas Tingkat Polres

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Rosmita Rustam (1206310013), kekhususan  Stratejik, di Auditorium Pascasarjana, pada Selasa (9/1/2018).

Ketua sidang Prof. Nachrowi Djalal, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Promotor), Dr. Tengku Ezni Balqiah (Ko Promotor 1), dan Albert Widjaja, Ph.D. (Ko Promotor 2). Selaku tim penguji, Budi W. Soetijipto, DBA (Ketua Penguji), Prof. Martani Huseini, Ph.D., Prof. Dr. Adrianus E. Meliala, Dr. Achmad Sanusi, dan Riani Rachmawati, Ph.D.

Judul disertasi yang diangkat mengenai “Pengaruh Kepemimpinan Kepolisian dalam Menciptakan Inovasi pada Budaya Organisasi untuk Memberikan Pelayanan Berkualitas: Studi Organisasi Publik Polri pada Pelayanan Lalu Lintas Tingkat Polres”

Penelitian ini bertujuan memperkaya penelitian yang masih terbatas tentang peranan kepemimpinan strategic  pada organisasi publik, melalui penelitian pada organisasi penegakkan hokum (dalam hal ini Polri) untuk mencari faktor-faktor yang mengurangi gap persepsi antara polisi dan masyarakat tentang kualitas layanan polisi, khususnya peranan faktor kapabilitas inovasi dan budaya organisasi. Perbedaan persepsi tersebut telah berakibat timbulnya sikap pesimisme publik dan antipati terhadap pelayanan kepolisian, serta menambah kesulitan bagi polisi untuk memelihara keamanan publik. Penelitian kuantitatif ini memakai survei, dengan unit analisis tingkat Polres pada pelayanan lalu lintas dari Kepolisian Republik Indonesia.

Sampel penelitian mengambil enam Polda pada 29 Polres/Polresta dengan responden 484 polisi. Khusus untuk variable pelayanan berkualitas diteliti perbandingan persepsi selain dari anggota Polri juga masyarakat dengan 699 responden. Pengujian hipotesis memakai Structural Equation Modeling (SEM) dan One Way ANOVA menguji perbedaan persepsi atas pelayanan berkualitas antara polisi dan masyarakat. Temuan penelitian ini menunjukkan kepemimpian kepolisian berpengaruh tidak langsung terhadap kualitas layanan polisi. Di satu pihak, studi ini menjumpai pengaruh signifikan dari kepemimpinan kepolisian terhadap budaya organisasi, inovasi, dan berdampak positif pada pelayanan berkualitas.

Di lain pihak, penelitian ini menjumpai juga adanya perbedaan yang signifikan dalam hal persepsi antara polisi dan khalayak publik tentang pelayanan berkualitas dari polisi, dalam empat dimensi, yaitu bukti fisik, keandalan, ketanggapan, dan jaminan/kepastian. Kontribusi pada bidang Manajemen Stratejik bahwa kinerja yang rendah dari kepemimpinan kepolisian disebabkan oleh masih dominannya gaya kepemimpinan militeristik serta lemahnya gaya kepemimpinan transformasional, sehingga memberi pengaruh negatif atau menghambat peningkatan pelayanan yang berkualiatas.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Rosmita Rustam (1206310013) dinyatakan lulus dengan predikat “Sangat Memuaskan” dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-241. Semoga gelar yang diperoleh berguna bagi kepolisian, masyarakat, bangsa, negara, dan khususnya untuk keluarga tercinta. (Humas FEB )