Agus Marto (Gubernur Bank Indonesia) meraih penghargaan Governor of the Year se-Asia Pasifik timur – Tempo 29 Oktober 2017

Penghargaan Agus Dermawan Wintarto Martowardojo

Tempo , 29 Oktober 2017

Gubernur Bank Indonesia ini meraih penghargaan Governor of the Year se-Asia Pasifik timur karena dinilai mengusung transparansi dalam menjaaring ekspetasi public. Penghargaan diumumkan dalam surat kabar Global Markets, bagian dari Euromoney Intitutional Invenstor, dan diserahkan langsung di Washington, DC, amerika Serikat.

Cara Bank Indonesia melakukan komunikasi kebijakan menjadi salah satu transformasi utama yang diangkat Global Markets. Agus dianggap sebagai sosok yang mengusung transparansi untuk menjaring ekspektasi publik. Dalam situs resmi Bank Indonesia disebutkan, “Penyusunan pesan dilakukan dengan sangat serius untuk memberi sinyal yang tepat.”

Kebijakan utama Bank Indonesia juga tak luput dari transformasi. Perubahan suku bunga kebijakan dari BI Rate ke BI 7-day RR Rate dianggap sebagai langkah yang positif. Kebijakan ini dianggap mampu menghasilkan suku bunga yang lebih relevan dan dapat ditransaksikan.

Perubahan kebijakan giro wajib minimum (GWM) dari harian menjadi GWM rata-rata juga diakui sebagai salah satu transformasi. Selain itu, langkah-langkah Gubernur BI dalam usaha pendalaman pasar keuangan pun diangkat sebagai salah satu pencapaian.

Seremonial penyerahan penghargaan dilaksanakan di Washington D.C., Amerika Serikat, pada 14 Oktober 2017, pukul 18.00 waktu setempat. Dalam kesempatan tersebut, Agus Martowardojo akan menerima penghargaan bersama penerima penghargaan dari kategori area lain, seperti Ilan Goldfajn dari Brazil untuk kategori Amerika Latin serta Tarek Amer dari Mesir untuk kategori Timur Tengah dan Afrika Utara.

Read more at https://bisnis.tempo.co/read/1024799/agus-marto-terpilih-jadi-governor-of-the-year-asia-pasifik-timur#q2iQDoCWoQ1XCkbz.99

http://www.globalcapital.com/article/b1543bp8tn8kdg/central-bank-governor-of-the-year-east-asia-pacific