Fifty Years of Economic Development in Indonesia: Continuity and Change

Fifty Years of Economic Development in Indonesia: Continuity and Change

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) kembali menyelenggarakan public lecture yang bertempat di Auditorium KKI, gedung B, lantai 2, pukul 14.00 – 16.00 WIB, pada Selasa (25/4/2017).

Acara ini diikuti oleh 80 peserta yang hadir dari 110 peserta yang sudah mendaftarkan dirinya lewat online. Peserta tersebut merupakan mahasiswa yang berasal dari FEB UI Program Sarjana maupun Pascasarjana, dan mahasiswa umum.

Kuliah umum ini dibuka oleh Kiki Ferico, Ph.D. selaku perwakilan FEB UI yang menjabat sebagai Wakil Kepala LPEM. Pemateri diisi oleh Prof. Hal Hill selaku H.W. Arndt Professor of Shoutheast Asian Economies. Untuk moderator diisi oleh Moekti P. Soejachmoen, Ph.D. selaku Perwakilan ILUNI FEB UI yang sekarang menjabat sebagai Kepala Institut Bank Mandiri.

Topik yang dibahas “Fifty Years of Economic Development in Indonesia: Continuity and Change” menyangkut kontinuitas dan perubahan ekonomi di Indonesia selama lima puluh tahun belakangan ini mulai dari pendapatan per kapita sampai laju pertumbuhan yang tinggi di era orde lama, orde baru, reformasi, dan saat ini.

Pemateri menjelaskan seputar permasalahan ekonomi di Indonesia yang laju pertumbuhannya lambat dan berbeda dengan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia lainnya, seperti Jepang, Singapura, Thailand, yang maju dan berkembang pesat. Ini yang menjadikan Indonesia belum bisa dikatakan negara maju. Selain itu, pemateri memberikan sesi bertanya untuk para peserta mengenai topik yang dibahas.

Kendati demikian, diharapkan dengan kuliah umum ini, peserta mendapatkan wawasan baru dan ilmu seputar dunia ekonomi yang langsung disampaikan oleh pakar di bidangnya. Selain itu, diharapkan peserta bisa mempunyai pemikiran untuk menciptakan perubahan terhadap pertumbuhan perekonomian di Indonesia agar jauh lebih baik lagi.

 Humas FEB UI

2017