The 10’th International Conference on Business and Management Research (ICBMR) 2016 Lombok, Indonesia

  • International Conference on Business and Management Research (ICBMR) adalah konferensi bertaraf internasional yang dari tahun ketahun diselenggarakan oleh Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Indonesia dibawah divisi Management Research Center (MRC). ICBMR adalah merupakan suatu konferensi Internasional terpandang yang menjadi wadah diseminasi penelitian dan sharing keilmuan bagi para akademisi, periset dan mahasiswa di bidang Bisnis dan Manajemen serta bidang Ekonomi. ICBMR telah memasuki tahun kesepuluh dalam penyelenggaraannya yang pada tahun 2016 ini dengan sukses diadakan pada tanggal 25-27 Oktober 2016 dengan mengambil lokasi di Lombok, yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. ICBMR tahun sebelumnya juga dengan sukses telah diselenggrakan secara internasional di Bali, Jakarta, Seoul, Ho Chin Minh, dan Kyoto. Adapun tema yang diangkat oleh ICBMR 2016 ini adalah”Enhancing Business Stability Through Collaboration“ yang membawa semangat kolaborasi keilmuan dan jejaring (networking) untuk pengembangan keilmuan bisnis dan manajemenuntukmendukungkestabilanentitasbisnisyang diharapkanterusbergerakmajudariwaktukewaktu.
  • ICBMR 2016 diikuti oleh berbagai peserta dari berbagai universitas atau perguruan tinggi, baik dari dalam negeri maupun dari luarnegeri yang mendesiminasikan hasil riset dari berbagai bidang keilmuan diantaranya adalah Finance, Banking, Capital Market, Accounting, International Business, Operations Management, Actuarials, Sharia, Economics, Marketing, Organization/ HRD Management, Strategic Management, Innovation Management, General Management, Management Information Systems, Regional Economic Integration and Competitiveness.
  • ICBMR 2016 dibukapadatanggal 25 Oktober 2016olehWakilRektorProf Dr. Adi Zakaria Afiff, dan ditutup oleh Dekan FEBUI Prof Ari Kuncoro, Ph.D pada tanggal 26 Oktober 2016. Berdasarkan laporan Ketua Panitia ICBMR 2016; Sri Rahayu Hijrahhati, Ph.D,ICBMR 2016 telah menerima sebanyak 150 judul penelitian, dan setelah melalui proses double-blind review, maka penelitian yang dipresentasikan pada ICBMR 2016 adalah sejumlah 101 paper. ICBMR 2016 bekerjasama dengan berbagai jurnal dan publisher ternama seperti Asian Journal of Business and Accounting (Scopus Index), International Journals of Economics and Management (Scopus Index),  Open Access Book Chapter in CRC Press Online (Scopus Index),  Southeast Asian Management Journal, ASEAN Marketing Journal and Indonesian Capital Market Review ( DOAJ, Google Scholars, Ebsco, Proquest).Kesuksesan penyelenggraan ICBMR juga tak lepas dari dukungan sposnsor utama perusahaan yaitu Pertamina, Tbk dan PT Bank Central Asia, Tbk. Setelah melalui proses penilaian yang sangat ketat oleh reviewerjurnal AJBA, diperolehdua paper terbaikpada ICBMR 2016 yang berhakuntukmempublikasikantulisannya di jurnalinternasionalterindeks ScopusjurnalAJBA, yaitu 1) Dr. YosmanBustaman (Swiss German University), Dr. Irwan Adi Ekaputra dan Zaafri Ananto Husodo, Ph.D (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia) dengan judul penelitian : “Interest Margin, Market Power, Diversification Strategy, And Banking Stability: Evidence from ASEAN” dan 2). Fitriani Amarullah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia) dengan judul penelitian: “Economic Consequences of IFRS Adoption Around the Asean Countries.”  Sedangkan persentasi terbaik yang berhak mendapatkan hadiah sebesar $1000 US dollar diperoleh oleh Siti Ngayesah dari Universitas Kebangsaan Malaysia dengan judul penelitian: “Understanding Islamic Brand Image Attributes of the Online Matrimonial Services”