KUNJUNGAN LANJUTAN PROSES MENTORING PEROLEHAN AKREDITASI AACSB

Depok, 10-11 Mei 2016 – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dalam tahapannya menuju proses penilaian AACSB (Association To Advance Collegiate Schools of Business) menerima kunjungan kedua kalinya Prof. Dr. Samsinar Binti MD. Sidin Deputy Vice Chancellor (Academic & Student Affairs ) UNIRAZAK (Universiti Tub Abdul Razak) sebagai mentoryang diterima oleh Jajaran pimpinan FEB UI, yaitu Dekan, Wakil Dekan 1 dan Wakil dekan 2 serta beberapa Guru Besar dan dosen FEB UI.

Pada pertemuan kali ini mentor memberikan masukan, pandangan dan penilaian akan FEB UI secara keseluruhan dengan menyoroti sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Sesi kedua dalam mentoring membahas mengenai perkembangan laporan yang dibuat oleh tim AACSB yaitu (Initial Self Evaluation Report atau iSER). Pembahasan dalam iSER memiliki fokus pada tiga hal yaitu (1) Visi & Misi, (2) Staff, (3) Assurance of Learning dan dilanjutkan dengan pembahasan yang lebih rinci terkait dengan standar-standar dalam akreditasi AACSB.

Disampaikan pula oleh Prof. Samsinar bahwa proses akreditasi AACSB mendokumentasi secara sistematik langkah yang telah dilakukan fakultas economics and business. Penilaian AACSB melibatkan para dosen, personal staf, mahasiswa serta alumni yang berada di dunia industri dan lain-lain, dengan penilaianutama adalah mengkalkulasi kualitas tenaga pengajar yang bergelar doktor (S3) dan menyandang Guru Besar tetap.

Tak cukup bergelar doktor, AACSB menuntut dosen mampu menulis paper di jurnal internasional, aktif mengikuti seminar internasional, diundang sebagai invited speakers dan terlibat dalam collaborative research. Poin lebih diberikan jika dosen pernah bekerja sebagai konsultan pemerintah dan lembaga swasta.

Kunjungan ini mendapatkan dukungan penuhberupa sponsorship dari Tanoto Foundation, sebagai langkah program pencapaian Akreditasi AACSB yang sejalan dengan misi Tanoto Foundation, yaitu menggulangi kemiskinan, melalui Pendidikan, Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas Hidup.

Humas FEB UI

2016

Leave a Reply