Kunjungan ke Perusahaan Berbasis Internet – GNAM 2016

Rabu, 16 Maret 2016 merupakan hari terakhir bagi para delegasi dari Global Network Week 2016 melakukan beberapa kunjungan di Jakarta sebelum mereka berangkat ke Riau, Sumatera. Acara dimulai dengan seminar mengenai bisnis start up di bidang telekomunikasi oleh Bapak Alexander Rusli, CEO PT. Indosat Persero Tbk. Selanjutnya, para delegasi akan mengunjungi beberapa perusahaan berbasis internet seperti Kaskus, blibli.com, tokopedia.com, GVM Network, infokost.com, dan GDP Venture.

KASKUS, Bapak Onn Lee

Pada tahun 1970, BBS adalah sebuah alat bantu bagi orang-orang dengan keterbatasan untuk mengungkapkan isi hatinya, walaupun dengan teknologi yang seadanya, BBS cukup terkenal pada saat itu. Namun di tahun 1990, BBS dengan mudah kalah dengan forum di internet. Terinspirasi dari BBS, KASKUS mencoba mendirikan sebuah forum berbasis internet yang lebih besar dan lebih luas dengan menggunakan teknologi yang lebih mutakhir. KASKUS dimulai ketika Andrew (pendiri KASKUS) yang sedang mengenyam pendidikan di luar negeri menggunakan internet untuk berhubungan dengan keluarganya di Indonesia. Sesuatu yang bermula sebagai hobi, sekarang telah berhasil menjadi forum sosial terbesar di Indonesia. Sekarang ini, KASKUS bukan hanya sebuah forum, namun sudah menjadiwebsite dengan 20,000+ komunitas yang memiliki budaya dan bahasa slang-nya sendiri yang tersebar di 54 daerah di Indonesia. KASKUS dengan tiga layer dalam operasionalnya, yaitu community and marketplace layer, tools dan services layer, dan data layer, telah berhasil menjadi social ecommerce terdepan di Indonesia. Dari 10 milliar website di dunia dan KASKUS berhasil menduduki posisi ke 227 menurut ALEXA

Blibli.com “Big choices, big deals”, Bapak Kusumo Martanto

Pada tahun 2009, dimulai dari sebuah mimpi untuk menjadikan daerah diluar pulau Jawa dapat menjadi pasar yang mudah diakses dengan harga yang masuk akal, kini telah menjadi kenyataan dengan bantuan internet. Blibli.com memulai bisnisnya sebagai pusat perdagangan dalam dunia ecommerce di Indonesia. Bisnis yang dijalankan blibli.com adalah sebuah solusi untuk membuat kehidupan manusia khususnya di Indonesia menjadi lebih mudah, hanya dengan sebuah click di internet. Melalui promosi, blibli.com selalu berusaha memberikan penawaran agar para pelanggannya tetap loyal. Blibli.com adalah sebuah perusahaan unik yang selalu memberikan fleksibilitas kepada karyawannya dengan maksud meningkatkan kreativitas serta percaya bahwa kerja sama yang solid adalah jalan menuju kesuksesan. “Open communication is the key” kata Kusuma Martanto, CEO dari blibli.com

Tokopedia, oleh William Tanuwijaya

Tokopedia adalah cerita mengenai orang yang tertindas. Bapak William Tanujaya adalah seorang teknisi software di perusahaan seluler yang tidak pernah menggunakan servis yang ditawarkan oleh perusahaannya karena pengetahuannya akan internet. Hal ini membuat beliau sadar bahwa bisnis berbasis internet memiliki masa depan, sayangnya tidak banyak investor yang setuju dengan beliau. Tapi dengan kepercayaan diri dan bantuan dari atasannya pada saat itu, beliau berhasil mendirikan Tokopedia sebagai tempat dimana anda dapat memulai bisnis dalam waktu kurang dari dua menit di internet. Perusahaan ini pernah mendapatkan investasi sebesar $100 juta dari investor Jepang. Hal yang membuat Tokopedia menjadi semakin besar dengan hampir 500 karyawan saat ini. William Tanuwijaya berkata bahwa di era internet, anda harus terus bergerak dan tetap relevan dengan pelanggan, serta fokus pada satu hal dalam satu waktu. Sekarang ini Tokopedia sudah berhasil menjadi perusahaan marketplace berbasis internet terbesar di Indonesia.

GVM Network, oleh Bapak Frandy Wirajaya dan Bapak Danny Wirianto

GVM merupakan sebuah media yang didasari oleh komunitas. Perusahaan ini membuat kontennya untuk terlibat dalam komunitas melalui sebuah platform. GVM Network memiliki tiga website :

  1. Opini.id, yaitu adalah sebuah platform sosial untuk orang-orang yang yang memiliki kekhawatiran yang sama, perbaikan dan kemajuan untuk sekitarnya.
  2. Bolalob, yaitu adalah kumpulan komunitas futsal terbesar di Indonesia
  3. Womantalk. Website ini bertujuan memberdayakan setiap wanita dengan pemikiran yang hebat dengan cara mendorongnya menjadi lebih percaya diri, memberikan solusi atas permasalahan wanita sehari-hari, dan meyakinkan wanita untuk memaksimalkan potensinya. Dengan berbagai macam kategori dan para ahli yang siap menjawab pertanyaan pengguna website, bukan hanya wanita namun banyak pria yang menggunakan aplikasi ini.

Infokost.com

Infokost.com adalah sebuah website untuk menemukan penyewaan tempat tinggal, khususnya di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Setelah berjalan selama 5 tahun, perusahaan ini terus mengembangkan bisnisnya hingga saat ini pelanggan dapat melakukan pemesanan kamar secara online.

GDP Ventur, CEO Bapak Martin Hartono

GDP Venture adalah sebuah perusahaan investasi di bidang komunitas, media, danecommerce di Asia Tenggara. Terdapat 7 pengetahuan dasar, sebagai alasan untuk berinvestasi atau memulai bisnis di Indonesia, yaitu (1) Sekilas pandang mengenai Indonesia, (2) Perilaku dan aktivitas masyarakat, (3) Ecommerce, (4) Skala industri, (5) Investasi, (6) Industri periklanan, dan (7) Beberapa hal yang perlu diketahui sebelum masuk ke pasar Indonesia seperti keadaan geografis yang tersebar luas, demografi yang banyak diisi oleh usia produktif, sistem pembayaran yang masih lemah, masyarakat yang terbuka untuk beradaptasi dan mengikuti tren, perlu memperhatikan hukum, dan masyarakat Indonesia yang begitu menyukai mall.

(Yovita Pricilla, ed PH)

????????????????????????????????????

DSC08233

DSC08209

DSC08243

DSC08311