GLOBAL NETWORK WEEK 2016

Press Release

GLOBAL  NETWORK WEEK 2016

Magister Management, Faculty Economics and Business, Universitas Indonesia

Location : Jakarta, Indonesia

Topic : Local Start up, Local Heroes

Setelah sukses di tahun 2015 lalu, Progarm Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (MM-FEB UI) kembali mengadakan Global Network Week 2016 dengan tema “Local Start –up, Local Heroes”.

Global Network Weeks (GNW) memberikan kesempatan bagi mahasiswa sekolah bisnis terkemuka di dunia yang tergabung dalam Global Network for Advanced Management (GNAM) untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam memecahkan persoalan bisnis regional dan dunia. Kegiatan ini diformulasikan dalam bertemu dengan para ahli. GNW berlangsung secara serentak di seluruh anggota GNAM yang diprakarsai Yale School of Management.

GNW MM-FEB UI 2016, “Local Start-up Local Heroes” akan berlangsung dari tanggal 14-18 Maret 2016 yang akan diikuti oleh mahasiswa MM-FEB UI serta mahasiswa dari 27 universitas ternama di luat negeri yang merupakan anggota GNAM.

Seperti kita ketahui, saat ini “startup” sangt booming di indonesia. Banyak startup didirikan dan mulai berkembang. Disisi lain banyak pula startup yang gulung tikar, namun tidak sedikit yang bisa bertahan dan perlahan  memenangkan pasar. Menurut dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia.

Berdasarkan hasil beberapa riset, pada tahun 2013 saja diperkirakan pengguna internet di Indonesia mencapai 70 juta orang. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu pangsa basar yang sangat potensial untuk bisnis digital startup. Jarang dijumpai orang yang “Gatek (Gagap Teknologi) di kota-kota besar. Sebagian besar menggunakan media social smartphone dan hal ini merupakan modal dasar dalam pemasaran bisnis digital startup. Selain itu daya beli masyarakat yang meningkatkan seiring dengan naiknya pendapatan perkapita masyarakat negeri ini ikut mempengaruhi perkembangan industri digital. Hal ini yang sangat mempengaruhi perkembangan isdustri digital. Hal lain yang sangat mempengaruhi adalah gaya hidup “instan dan mudah” dimana sebagian besar orang beranggapan belanja online lebih mudah dan cepat tidak perlu repot datang ke toko atau supermarket, cukup melalui internet atau melalui smartphone. Tidak perlu mengeluarkan biaya transport.

“Tahun ini MM-FEB UI akan mengangkat issue bagaimana sebuag bisnis (start-up) dimulai di Indonesia. Local start-up local heroes akan membahas persoalan yang berkaitan dengan “start-up” bisnis di bidang keuangan dan manajemen, dukungan pemerintah, trend, pasar, dinamika di industry kreatif, keuntungan bagi masyarakat dan banyak hal lain yang dapat dipelajari dan ditelaah secara bersama mahasiswa kita dan mahasiswa asing selain mereka dapat mengenal budaya kita. Demikian juga dengan mahasiswa kita yang berangkat ke berbagai negara anggota. Mereka dapat pembelajaran dengan metode yang sama dalam topik berbeda di Negara-negara tujuan. Keuntungan lain dari kegiatan ini adalah mahasiswa dapat membangun jejaring diantara mereka sendiri”tutur Ketua Program MM-FEB UI, Harryadin Mahardika, Ph.D.

Kegiatan ini akan dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro, Ph,D,di Gedung MM-FEB UI, Kampus UI Salemba. Menurut Prof. Ari Kuncoro, rangkaian kegiatan kemahasiswaan ini merupakan salah satu agenda yang akan dibahas lebih lanjut di tingkat para Dekan dan Direktur sekolah bisnis yang tergabung dalam GNAM, selain membahas issue yang berkembang di dunia pendidikan, bisnis dan manajemen pada bulan April nanti di Bali.

Dalam kegiatan GNW MM-FEB UI 2016 peserta akan bertemu dan berdiskusi dengan wakil pemerintah di bidang ekonomi kreatif, para CEO bisnis online seperti Ladyjek, Bukalapak, Elevenia, Kaskus, Blibli.com, tokopedia dan Prasimax selain berkunjung langsung ke local startup binaan APRIL Group di Riau.

Informasi :

Harryadin Mahardika, Ph.D. – Ketua Program MM FEB UI

Pontjo Hadijanto – Kepala Kantor Pemasaran dan Admisi MM FEB UI

Gd. MM FEB UI, Kampus UI Salemba

  1. (021) 3103976, F.(021) 392 3952, admisi_mmfeui@ui.ac.id

(ed.PH)

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????