Seminar Ilmu Manajemen 2015

Sebagai salah satu pilar keilmuan FEB UI, Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) senantiasa berupaya menghasilkan lulusan yang mampu memberi kontribusi akademik dalam bidang Ilmu Manajemen.  Untuk menghasilkan lulusan yang diharapkan, setiap mahasiswa wajib melaksanakan presentasi dalam forum ilmiah setidaknya satu kali sebelum dapat dinyatakan lulus dari PPIM. Untuk memfasilitasi mahasiswa dan sekaligus untuk mengembangkan kompetensi para peneliti dan dosen ilmu manajemen, sekaligus memperingati Dies Natalis FEB UI ke-65, PPIM merencanakan penyelenggaran Seminar Nasional Ilmu Manajemen (SENIMAN) 2015. Seminar tersebut diharapkan melibatkan civitas akademika FEB UI, FEB perguruan tinggi lain di Indonesia, dan berbagai asosiasi keilmuan yang terkait.

Berdasarkan cakupan bidang ilmu, SENIMAN akan terdiri dari tiga kelompok ilmu: (1) Ilmu Manajemen Pemasaran, (2) Ilmu Keuangan dan Perbankan, dan (3) Ilmu Manajemen Stratejik dan Perilaku Organisasi. Setiap kelompok (track) bidang ilmu akan diselenggarakan bekerja sama dengan asosiasi keilmuan dalam bidangnya. Ilmu Manajemen Pemasaran akan diselenggarakan bersama Indonesian Marketing Scholar Association (IMSA). Ilmu Keuangan dan Perbankan akan diselenggarakan bersama Indonesian Finance Association (IFA). Sedangkan, Ilmu Manajemen Stratejik dan Perilaku Organisasi akan dilaksanakan bersama Asosiasi Manajemen Stratejik Indonesia (AMASTI). Kerjasama dengan asosiasi keilmuan diharapkan dapat menjamin dan meningkatkan mutu akademik dari SENIMAN. Asosiasi yang terlibat akan memberikan kontribusi sebagai reviewer dan track sesuai kekhususan masing-masing.

Berdasarkan klasifikasi pemakalah, SENIMAN direncanakan terdiri dari tiga jenis pemakalah. Pertama, pemakalah yang diundang oleh panitia atas usulan setiap asosiasi dan persetujuan Ketua Program Studi PPIM. Pemakalah yang akan diudang diperkirakan berjumlah tiga orang untuk setiap bidang ilmu, dengan kriteria ahli dalam bidangnya dan pernah menulis artikel di jurnal internasional bereputasi. Pemakalah undangan akan diberi honor dan biaya transportasi serta akomodasi. Kedua, pemakalah dosen dan mahasiswa FEB UI, atau alumni PPIM FEB UI. Pemakalah kategori dua harus melalui proses reviu akademik oleh tim reviewer yang dibentuk oleh panitia dan asosiasi. Jika makalahnya diterima, pemakalah kategori dua tidak perlu membayar biaya keikutsertaan dalam SENIMAN. Ketiga, pemakalah yang bukan berasal dari FEB UI ataupun bukan alumni PPIM FEB UI. Seperti pemakalah kategori dua, pemakalah kategori tiga juga harus melalui proses reviu akademik. Jika makalahnya diterima untuk presentasi, pemakalah kategori tiga wajib membayar biaya peserta SENIMAN dengan nilai yang akan ditentukan kemudian.

Selain ketiga jenis pemakalah yang telah disampaikan, SENIMAN juga akan mengundang satu atau dua orang Keynote Speaker(s). Pembicara ini dapat berasal dari dalam atau luar negeri, dan akan menerima honor pembicara, biaya transportasi dan akomodasi.

IMG_6180IMG_6187  IMG_6197IMG_6209  IMG_6211IMG_6213  IMG_6218IMG_6227  IMG_6242IMG_6271  IMG_6275IMG-20151128-WA0005  IMG_6276IMG_6280  DSCN2768DSCN2765