BEASISWA P3MI UNTUK MAHASISWA PEMINATAN PASAR MODAL PROGRAM STUDI MM-FEB UI

Berkembangnya pasar modal di Indonesia membuat lulusan pasar modal semakin dibutuhkan.. Menjawab peluang ini, MM-FEB UI mengajak Perhimpunan Pendidikan Pasar Modal Indonesia (P3MI) bekerjasama untuk pengembangan pendidikan strata 2 khususnya untuk peminatan pasar modal.  Kerjasama ini tidak hanya meliputi pengembangan kurikulum pasar modal, namun juga meliputi dukungan promosi/kegiatan pemasaran untuk menjamin jumlah minimal mahasiswa serta pendanaan beasiswa. Kerjasama ini juga meliputi pengembangan staf pengajar, pelaksanaan international guest lecture. Dalam rangka makin menyempurnakan kegiatan CSR yang telah dilakukan selama ini, P3MI  berpartisipasi aktif dalam pemberian beasiswa. Adapun bentuk beasiswa yang dapat dilaksanakan berupa pemberian beasiswa kepada publik (masyarakat) untuk tingkat S2 kepada peserta yang berhasil lolos dalam serangkaian seleksi.

mm uiTim seleksi terdiri dari pihak P3MI dan juga MM-FEB UI. Persyaratan untuk mengikuti seleksi adalah mahasiswa yang belum mendapatkan beasiswa dari institusi manapun. Beasiswa diberikan kepada  mahasiswa peminatan Pasar Modal tahun penerimaan 2014/2015 dan 2015/2016. Untuk Mahasiswa tahun 2015/2016,  seleksinya menggunakan metode penilaian paper, dimana  peserta diminta untuk membuat paper   dengan topik “Mencetak Profesional Pasar Modal Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean” dan diminta untuk mempresentasikannya di hadapan dewan juri.  Beasiswa yang diberikan beruapa biaya pendidikan pada semester satu. Pada semester dua atau semester berikutnya pemberian beasiswa diberikan berdasarkan IPK tertinggi pada semester sebelumnya . Sehingga bisa jadi nantinya penerima beasiswa semester satu tidak akan sama dengan penerima beasiswa semester dua. Hal ini akan memberikan dorongan tersendiri dan semangat berkompetisi untuk mendapatkan nilai terbaik dan mendapatkan beasiswa.

Babak Final dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2015 di Ruang Collaboration Lantai 2 Gedung MM-FEB UI.  Pada awalnya telah ditentukan empat juri yang mewakili pihak akademisi (MM-FEB UI) dan pihak professional (P3MI), namun karena terbenturnya waktu, dua orang juri dari pihak P3MI berhalangan hadir. Bertindak sebagai dewan juri adalah Bapak Dony Abdul Chalid, Ph.D (Ketua Departemen Manajemen FEB UI) dan Bapak Harryadin Mahardika, Ph.D  (Ketua Program Studi MM-FEB . Berdasarkan hasil perolehan nilai dan setelah dilaksanakan rapat  internal oleh dewan juri, maka tim dewan juri memutuskan   pemenang dari kompetisi ini  adalah Ade Saputra (1506772391)

Untuk mahasiswa tahun penerimaan 2014/2015 yang saat ini memasuki semester tiga, pemberian beasiswa diberikan berdasarkan IP yang berhasil diperoleh pada semester dua (sebelumnya). Dari hasil rekapitulasi terdapat dua orang mahasiswa yang memiliki nilai IP sempurna, yaitu 4.00 dan berhak untuk mendapatkan beasiswa pada semester 3 periode Agustus-Desember 2015 adalah:

  1. Ari Tristianto               1406588710
  2. Fitri Rachmawaty       1406588944

Dalam penyerahan simbolik kepada penerima beasiswa, Bapak Dony dan Bapak Harryadin berpesan untuk tetap semangat dalam meraih prestasi, menjaga nilai dan menjadi yang terbaik di kelas. Dan bagi yang belum berhasil memenangkan kompetisi saat ini jangan patah semangat karena masih tetap  terbuka kesempatan untuk semester berikutnya, mengingat beasiswa semester dua diberikan kepada mahasiswa dengan IP tertinggi di kelas peminatan pasar modal.