Promosi Doktor PPIM – Hetty Karunia Tunjung Sari

Selasa, 28 Juli 2015 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI menyelenggarakan sidang promosi doktor Manajemen Pemasaran kepada Sdr.Hetty Karunia Tunjung Sari . Sidang dilakukan di Auditorium FE UI Gedung Pascasarjana FEB UI Lantai.4 Kampus UI Depok dan menjadi Lulusan ke 195 dari PPIM dan mempertahankan disertasi yang berjudul ” Superstition Angka Dalam Pemasaran”

Disertasi ini membahas unsur superstition dalam pemasaran, khususnya superstition angka yang dipercaya oleh etnis Tionghoa di Indonesia. Penelitian dalam disertasi ini dilakukan untuk membuktikan pengaruh penggunaan atribut superstition terhadap perilaku pasca pembelian, dilihat dari sisi pembelian dan penjual, dalam konteks kegagalan produk. Terdapat 3 studi dalam disertasi ini. Studi 1 merupakan survey yang dilakukan untuk mengkonfirmasi bentuk – bentuk superstition khas etnis Tionghoa Indonesia yang relevan dengan konteks pemasaran. Studi 2 dan 3 merupakan experimen 2×3 between participant yang dilakukan untuk membuktikan adanya moderasi peran sebagai pembeli maupun penjual dalam membentuk kepuasan atas produk. Studi 2 dan 3 juga dilakukan untuk membuktikan adanya mediasi kepuasan dalam pengaruh kegagalan produk beratribut superstition terhadap kesediaan membeli/menawarkan kembali produk di masa mendatang. Studi 1 dan 2 dilakukan di Jakarta, sementara studi 3 dilakukan di Medan. Temuan dari penelitian ini membuktikan bahwa etnis Tionghoa di Indonesia memiliki superstition angka yang mempengaruhi periklaku pengambilan keputusan pembelian mereka. Penelitian dalam disertasi ini juga membuktikan bahwa perbedaan daerah dapat mengakibatkan perbedaan karakteristik budaya etnis Tionghoa, yang pada akhirnya dapat membentuk respon yang berbeda dalam menyikapi situasi kegagalan produk.

Kata kunci: superstition, etnis Tionghoa, kegagalan produk, kepuasan, penjual, pembeli, kesediaan membeli/menawarkan kembali.

IMG_6678 IMG_6675

Leave a Reply