Promosi Doktor PPIM – Chico Adhibaskara Ekananda Hindarto

Fakultas Ekonomi Progam studi Ilmu Manajemen berhasil meluluskan doktor ke 193 dari jurusan Manajemen Pemasaran. Sdr. Chico Adhibaskara Ekananda Hindarto berhasil memertahankan disertasinya yang berjudul Pengaruh Reminiscent Bundling dan Tipe Produk Terhadap Minat Membeli: Kasus pada Industri Musik” di depan tim penguji pada tanggal 25 Juli 2015 di  Auditorium FE UI Gedung Pascasarjana FEB UI Lantai.4 Kampus UI Depok yang di pimpin Prof. Ari Kuncoro, Ph. D.  dengan pembimbing  Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff , Dr. T. Ezni Balqiah, Harryadin Mahardika, Ph. D. dan penguji Prof. Dr. Sofjan Assauri, Prof. I.G.N Agung, Ph. D., Dr. Chairy dan Dr. Nurdin Sobari, Riani Rachmawati, Ph. D.

Bundling merupakan salah satu alternatif pemasaran untuk memberikan manfaat lebih kepada konsumen, dalam bentuk paket penawaran yang terdiri dari dua atau lebih produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga setiap produk secara individual.

Pemasaran eksperiensial semakin mengemuka di dua dekade terakhir ini. Pada praktek pemasaran, produk eksperiensial juga sudah ditawarkan secara bundling. Namun demikian, jumlah penelitian yang mengangkat topik bundling produk eksperiensial masih sangat terbatas, sehingga pemasar belum mengetahui pengaruh bundling produk eksperiensial kepada minat pembelian. Penelitian ini menggunakan penawaran bundling harga dan strategi bundling campuran. Inti dari penelitian adalah membandingkan minat pembelian bundling yang terdiri dari produk fisik, dengan bundling yang terdiri dari produk eksperiensial.

Konteks penelitian ini adalah produk musik, dimana produk ini merupakan produk eksperiensial. Dibandingkan minat pembelian antara bundling dengan elemen produk fisik, dengan bundling yang terdiri dari produk eksperiensial. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan variabel bebas jenis bundling dan tipe artis. Variabel terikatnya adalah minat pembelian.

Temuan utama disertasi ini menunjukkan bahwa minat pembelian bundling dengan elemen produk eksperiensial secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan bundling produk fisik.

Temuan lain di disertasi ini adalah minat pembelian bundling produk dengan tipe artis romantis secara signifikan lebih tinggi dibandingkan minat pembelian bundling produk dengan tipe artis pemberontak. Menariknya, khusus untuk artis pemberontak, partisipan penelitian secara signifikan lebih berminat membeli reminiscent bundling dibanding bundling independen. Sedangkan pada artis romantis, tidak ada perbedaan minat pembelian secara signifikan antara reminiscent bundling dan bundling independen. Sedangkan pada artis romantic, tidak ada perbedaan minat pembelian secara signifikan antara reminiscent bundling dan bundling independen. Temuan penting lainnya adalah minat pembelian reminiscent bundling lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan minat pembelian CD atau tiket konser secara individual. Ditemukan juga bahwa pengaruh jenis bundling dan tipe artis terhadap minat pembelian tergantung pada jenis kelamin. Hal ini mengindikasikan bahwa jenis kelamin turut berperan dalam mempengaruhi minat pembelian.

Kata kunci: bundling, pemasaran eksperiensial, reminiscent bundling, perilaku konsumen, industri musik, penelitian eksperimen, minat pembelian, tipe artis.

 

Leave a Reply