Promosi Doktor PPIA – Sigid Eko Pramono

Senin, 27 Juli 2015 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI menyelenggarakan sidang terbuka dalam rangka penganugerahan gelar Doktor Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi (PPIA) kepada Sigid Eko Pramono. Acara dilaksanakan di Gedung Pascasarjana FEB UI Lantai.4 Kampus UI Depok dengan judul disertasi Perilaku Perataan Laba dan Efek Prosiklikal pada Bank Islam: Studi Lintas Negara”.

Dalam riset ini mengupas tentang situasi krisis keuangan, kinerja bank Islam seluruh dunia relatif lebih stabil dibandingkan dengan bank konvensional. Salah satunya disebabkan oleh manajemen risiko pembiayaan pada bank Islam yang dinamis dan lebih berhati-hati melalui pengaturan provisi kerugian pembiayaan.

Penelitian ini membahas provisi kerugian pembiayaan pada bank Islam dan pengaruhnya dalam mengatasi perilaku perataan laba dan efek prosiklikal untuk konteks lintas negara. Analisis dilakukan dengan memisahkan provisi untuk tujuan diskresioner dan non-diskresioner. Hasil uji empiris menunjukkan bahwa provisi kerugian pembiayaan digunakan bank Islam untuk tujuan non-diskresioner, namun tidak untuk tujuan diskresioner termasuk untuk tujuan perataan laba.

Selain itu, hasil pengujian memperlihatkan pula hubungan negatif antara provisi non-diskresioner dengan pertumbuhan pembiayaan, dan karenanya provisi non-diskresioner bersifat prosiklikal. Sebaliknya, provisi diskresioner tidak menunjukkan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan pembiayaan.

Hasil pengujian menunjukkan pula bahwa bank Islam, yang berkapitalisasi besar atau portofolio asetnya fokus pada pembiayaan, cenderung untuk menetralisir efek prosiklikal provisi non-diskresioner melalui perilaku perataan laba. Oleh karena itu, maka kebijakan provisi yang dinamis pada bank Islam sangat direkomendasikan untuk difokuskan pada bank Islam yang cenderung menunjukkan efek prosiklikal, yaitu bank yang kurang kapitalisasi atau bank yang asetnya tidak fokus pada pembiayaan.

 IMG_6601 IMG_6630 IMG_6607 IMG_6645

 

 

Leave a Reply