Promosi Doktor PPIA – Dyna Rachmawati

Selasa, 28 Juli 2015 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI menyelenggarakan sidang terbuka dalam rangka penganugerahan gelar Doktor Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi (PPIA) kepada Dyna Rachmawati. Acara dilaksanakan di Gedung Pascasarjana FEB UI Lantai.4 Kampus UI Depok dengan judul disertasi “Analisis Pengaruh Ketidakpastian Lingkungan, Strategi, Sistem Pengendalian Manajemen dan Pembelajaran Organisasi terhadap Kinerja Bisnis”

Dalam riset ini mengupas tentang peranan sistem pengendalian manajemen, yang dipengaruhi oleh pilihan strategi bersaing berdasarkan ketidakpastian lingkungan, dalam mendorong pembentukan pembelajaran organisasi sehingga dapat meningkatkan kinerja bisnis. Pengujian peranan sistem pengendalian manajemen dilakukan dengan menggabungkan what to control (ukuran kinerja keuangan dan non keuangan) dan how to control (levers of control). Secara keseluruhan, hasil pengujian menunjukkan bahwa untuk menghadapi ketidakpastian lingkungan, SBU menggunakan ukuran kinerja keuangan dan non keuangan dalam levers of control untuk meningkatkan pembelajaran organisasi sehingga SBU dapat mencapai kinerja bisnis. Hasil pengujian ini juga menunjukkan adanya external fit dan internal fit. External fit adalah kesesuaian antara ketidak pastian lingkungan dengan pilihan strategi bersaing. Internal fit adalah kesesuaian antara pilihan strategi bersaing dengan  ukuran kinerja keuangan dan non keuangan. Meskipun terjadi internal fit, penggunaan ukuran kinerja keuangan dan non keuangan dalam levers of control untuk meningkatkan pembelajaran organisasi dan kinerja bisnisnya cenderung dipengaruhi oleh faktor ketidakpastian lingkungan. Pilihan strategi bersaing bukan merupakan faktor yang mendorong SBU untuk menggunakan ukuran kinerja keuangan dan non keuangan dalam levers of control, meningkatkan pembelajaran serta kinerja bisnisnya. Artinya, pilihan strategi bersain tidak dikomunikasikan keseluruh SBU. Hanya berhenti di tingkat manajemen puncak.

 External fit dan internal fit mungkin sulit dicapai oleh SBU. Apabila SBU hanya mencapai salah satunya saja atau bahkan tidak dapat mencapainya, maka untuk dapat mencapai kinerja bisnisnya, SBU harus menggunakan ukuran kinerja keuangan dan non keuangan dalam levers of control. Hal ini mendorong pembentukan pembelajaran organisasi sehingga SBU mampu meningkatkan kinerja bisnis meskipun dalam kondisi lingkungan bisnis yang tidak pasti.

IMG_6715IMG_6718 IMG_6721IMG_6738

Leave a Reply