Doktor Program Pascasarjana Ilmu Manajemen: Boedi Astoeti Ontowirjo

Copy of IMG_6059Fakultas Ekonomi Progamstudi Ilmu Manajemen berhasil meluluskan doktor ke 191 dari jurusan Manajemen Keuangan. Sdri. Boedi Astoeti Ontowirjo berhasil memertahankan disertasinya yang berjudul ā€œView Agen Dalam Pembentukan Portofolio Optimalā€ di depan tim penguji pada tanggal 6 Juli 2015 yang di pimpin Prof. Ari Kuncoro, Ph.D. dengan pembimbingĀ  Dr. Irwan Adi Ekaputra , Ruslan Prijadi, Ph. D. dan pengujiĀ  Prof. Dr. Suroso ,Prof. Roy Sembel, Ph. D., Dr. Cynthia Afriani , Rofikoh Rokhim, Ph. D. dan Zaafri Ananto Husodo, Ph. D.

Teori portofolio yang berkembang saat ini mendudukan investor sebagai pelaku inti dalam pembentukan portofolio. Penelitian ini memperkuat landasan bagi teori protofolio dengan memasukan agen sebagai pelaku inti dalam pembentuk protofolio yang terbukti pada protofolio reksadana. Agen memiliki kelengkapan informasi selain informasi publik/pasar dalam membentuk alokasi aset portofolio. Agen menghadapi kompetisi antaragen dalam mengelola portofolio.

Dengan mengembangkan teori dasar Black-Litterman (1992), penelitian ini memperlihatkan adanya tiga view agen dalam pembentukan portofolio, yaitu alokasi asset yang berbeda dari alokasi pasar, kompetisi antaragen dan peran agen yang memberikan keuntungan komparatif atas informasi yang dimilikinya.

View agen penting untuk dipelajari karena tidak terobservasi oleh public namun berdampak signifikan pada pembentukan portofolio yang diharapkan dapat optimal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan teori di bidang Manajemen keuangan, khususnya portofolio dan asset pricing, agen, investor dan regulator. View agen berupa kompetisi antaragen merupakan kontribusi utama dari penelitian ini yang dapat dimanfaatkan oleh para pemangku kepentingan.

Keyword: portofolio, view agen, alokasi asset, kompetisi antaragen, peran agen, reksadana.

Copy of IMG_5984 Ā Copy of IMG_5992