Proyeksi pertumbuhan Ekonomi hingga akhir 2014

Research Intelligence Unit (RIU) FEUI memproyeksikan pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun 2014 akan berada pada rentang 5.4-5.6%. Hal ini sedikit berbeda dengan target yang dicanangkan oleh Bank Indonesia yang dipublikasikan pada bulan Mei yang lalu. Bank Indonesia (BI) memprediksikan bahwa pertumbuhan ekonomi akan berada dalam rentang 5.1-5.5% yang mana merupakan koreksi dari target yang diumumkan pada bulan Maret yang berada dalam rentang 5.5-5.9%. Alasan koreksi tersebut dikarenakan ekspor yang cenderung melambat, dimana pada kuartal I-2014 hanya tumbuh 1,5-1,9%. Lebih rendah dari perkiraan sebesar 8,1-8,5%. Masih menurut BI, sumbangan pelambatan ekspor terbesar ada pada pelambatan ekspor ke Tiongkok.
Berdasarkan hasil perhitungan RIU FEUI, ekspor ke Tiongkok memang mengalami tren penurunan, meskipun kami memproyeksikan bahwa tren ini akan cenderungbouncing di awal tahun 2015 dan tumbuh hingga 24%. Namun sumbangan yang paling signifikan tidak berasal dari ekspor, pergerakan dari pasar finansial dan konsumsi domestik justru memegang peranan yang cukup signifikan. Meskipun terjadi kontraksi fiskal dan moneter berupa pengetatan anggaran pemerintah dan BI rate yang dipertahankan relative tinggi, RIU FEUI memproyeksikan adanya peningkatan konsumsi signifikan serta adanya usaha untuk melakukan penyerapan anggaran pemerintah dalam jumlah yang cukup signifikan jelang akhir tahun.
Dengan adanya faktor-faktor tersebut yang dimasukkan dalam perhitungan RIU FEUI, maka proyeksi kami untuk pertumbuhan ekonomi hingga akhir 2014 berada pada rentang yang sedikit lebih optimis yaitu 5.4-5.6%.Namun patut dicatat bahwa pertumbuhan ekonomi memiliki potensi untuk terus melambat di tahun 2015 mengingat faktor-faktor utama yang dewasa ini berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi sangat rentan akan shock. Selama permasalahan mendasar seperti infrastructure gap dan de-industrialisasi belum bisa dicarikan solusinya, maka selama itu pula pertumbuhan ekonomi akan sangat rapuh dan tidak berkualitas.

Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat FEUI
Fithra Faisal Hastiadi, Ph.D
08111633191

Leave a Reply