Badan Semi Otonom

Badan Semi Otonom

Badan Semi Otonom (BSO), merupakan organisasi kemahasiswaan yang secara struktural bertanggung jawab pada Senat Mahasiswa FEB UI. Sebagian pendanaan kegiatan diperoleh dari dana kegiatan mahasiswa dari fakultas dibawah koordinasi senat mahasiswa, sebagian lain diperoleh dari usaha sendiri bekerja sama dengan berbagai institusi. Berdasarkan kompetensinya, BSO dikategorikan ke dalam 3:

1. Kajian Keilmuan

Merupakan organisasi kemahasiswaan yang melakukan kegiatan keilmiahan seperti penelitian, seminar, dan pelatihan yang bersifat mengembangkan ilmu di masing-masing departemen. Organisasi-organisasi yang berkompetensi dalam bidang kajian keilmuan antara lain

Kajian Ilmu Ekonomi dan Pembangunan Indonesia (KANOPI)

Kanopi FEB UI adalah organisasi yang mengkhususkan diri pada kajian, diskusi, serta penelitian, dan mengambil topik pada permasalahan ekonomi dan sosial di Indonesia secara makro. Selain itu, Kanopi FEB UI juga memiliki fungsi sebagai himpunan mahasiswa untuk mahasiswa jurusan ilmu ekonomi dimana seluruh mahasiswa jurusan ilmu ekonomi merupaka anggota Kanopi FEB UI.Kanopi berdiri pada tanggal 20 November 1999 sebagai organisasi formal yang beranggotakan seluruh mahasiswa jurusan ilmu ekonomi, bergerak di bidang kajian kelimuan, dan mendedikasikan diri bagi perkembangan dinamika kemahasiswaan dalam kedudukan dan perannya sebagai mahasiswa ekonomi. Dalam operasinya, Kanopi FEUI memiliki empat divisi: Sumber Daya Manusia dan Internal, Hubungan Luar, Kajian dan Riset, Buletin dan Penerbitan Ilmiah; dan stau biro:  Dana dan Usaha.

Management Student Society (MSS)

Management Student Society (MSS) FEB UI adalah organisasi mahasiswa yang berkonsentrasi pada pengembangan sumber daya manusia bagi mahasiswa manajemen FEB UI dan bekerja sebagai partner Departemen Manajemen FEB UI. MSS FEB UI berada pada tanggal 22 Mei 1996 di Kampus FEB UI Depok. Seluruh mahasiswa manajemen FEB UI adalah anggota MSS FEB UI.

Studi Profesionalisme Akuntan (SPA)

Studi Profesionalisme Akuntan (SPA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) adalah organisasi kemahasiswaan di FEB UI yang beranggotakan seluruh mahasiswa akuntansi. SPA didirikan pada tanggal 22 Agustus 1998. Selama kurang lebih sebelas tahun, SPA telah berkembang menjadi suatu organisasi yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk melakukan kajian ilmu akuntansi, namun juga menjadi organisasi yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang memberikan value added, baik bagi anggota SPA maupun bagi peserta kegiatan tersebut. Saat ini, SPA terdiri dari 4 Divisi dan 4 Biro yang memiliki spesialisasi di bidang masing-masing.

2. Kerohanian

Merupakan organisasi yang mengkaji dan melakukan kegiatan kerohanian. Bidang Kompetensi ini terdiri atas:

Forum Studi Islam (FSI)

FSI FEB UI adalah salah satu badan semi otonom keagamaan yang ada di FEB UI. Organisasi keagamaan ini didirikan pada 10 Oktober 1991. Pada waktu itu, status organisasinya masih berupa organisasi informal. Pada tahun 1995, barulah FSI FEB UI mendapatkan statusnya sebagai badan semi otonom.FSI FEB UI memiliki kepedulian yang snagat besar pada semua bidang keislaman, di antaranya adalah pengembangan core competence ekonomi islam di FEB UI. Hal ini dibuktikan oleh FSI FEB UI dengan peran dan kontribusi aktif yang dilakukan FSI FEB UI dalam mengembangkan ilmu ekonomi islam di tingkat fakultas, universitas, nasional, bahkan internasional.Beberapa pengurus FSI FEB UI sebelumnya telah diberangkatkan ke berbagai macam acara dan seminar ekonomi islam di luar negeri seperti Malaysia, Inggris, Norwegia, Amerika Serikat, dan sebagainya. Dalam hal pengembangan ekonomi islam intra kampus, FSI FEB UI memiliki dua  acara bedar yang rutin diadakan, yaitu Sharia Economic Days (SECOND) dan Kuliah Informal Ekonomi Islam (KIEI).

Persekutuan Oikumene Sivitas Akademika (POSA)

Persekutuan Oikumene FEB UI (POFEBUI) merupakan sebuah wadah persekutuan bagi mahasiswa Kristen dalam lingkungan kampus FEBUI. POFEBUI ini berada sebagai sebuah persekutuan yang diakui oleh pihak kampus dan berada sebagai badan semi otonom di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa FEB UI. Persekutuan ini awalnya dibentuk karena kerinduan para mahasiswa Kristen untuk bersekutu dalam hal mengucap syukur kepada Tuhan karena telah diberi kesempatan untuk menerima pendidikan di Universitas Indonesia. Rasa syukur ini kemudian direspon dengan berkumpul dan mengadakan persekutuan doa. Lama kelamaan persekutuan doa ini berkembang menjadi tidak hanya persekutuan dalam doa saja namun juga persekutuan dalam ibadah. Persekutuan ini bersifat interdenominasi, yaitu tidak di bawah satu gereja/denominasi tertentu, tetapi terdiri dari berbagai latar belakang denominasi. Interdenominasi merupakan usaha mewujudkan kesatuan tubuh Kristus.Program-program yang dilakukan POFEBUI antara lain: persekutuan Jumat (PJ) setiap hari jumat pkl 11.00, persekutuan doa pagi (PDP) tiap senin-jumat pkl 07.20, pembinaan melalui kelompok kecil (KK), peminjaman buku-buku rohani, media penulisan (buletin) “Sangkakala”, perayaan Natal, kunjungan ke panti asuhan atau rumah sakit, dll.

Keluarga Umat Katholik Sivitas Akademika (KUKSA)

Kuksa FEB UI adalah BSO (Badan Semi Otonom) yang beranggotakan seluruh sivitas akademika yang beragama Kristen Katolik. Kegiatan-kegiatan didalamnya berdasarkan semangat cinta kasih Kristus dalam mencapai tujuannya.

Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD)
Keluarga Mahasiswa Budha (KMB)

3. Peminatan & Hobi

Merupakan kelompok organisasi sebagai wadah penyaluran minat dan hobi mahasiswa, antara lain:

BSO Liga Fotografi (LIFO)

LIFO FEB UI merupakan salah satu badan semi otonom yang didirikan oleh mahasiswa FEB UI dengan hobi fotografi. Organisasi ini berdiri pada tanggal 10 April 2001. LIFO FEB UI merupakan organisasi yang memiliki profesionalisme yang tinggi dan memiliki sifat kekeluargaan.Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bergabung di LIFO FEB UI. Selain kemampuan fotografi, dengan bergabung di LIFO FEB UI juga dapat mempelajari bagaimana berorganisasi dan mengorganisasikan acara dengan baik.Saat ini, LIFO FEB UI dikenal sebagai organisasi fotografi yang memiliki nama baik, baik di internal FEB UI sendiri maupun di luar FEUI sesama pecinta fotografi. LIFO FEB UI bertujuan untuk menjadikan dan meningkatkan kekeluargaan dan profesionalisme yang berkomitmen tinggi sebagai dasar kehidupan berorganisasi LIFO FEB UI dalam keseimbangan yang maksimal dan pengembangan sumber daya anggota dan menejemen proyek fotografi.

BSO Sekolah Non Formal (SNF)

SNF FEB UI merupakan organisasi kemahasiswaan yang menyalurkan kepedulian mahasiswa FEB UI terhadap pendidikan warga di sekitar wilayah kampus UI Depok, khususnya pendidikan anak usia sekolah. Sebagai organisasi yang didasari oleh minat yang sama, maka SNF yang berdiri pada akhir tahun 70-an beranggotakan mahasiswa yang peduli terhadap dunia pendidikan.Kegiatan utama organisasi ini adalah memberikan side activity kepada siswa-siswi sekolah dasar yang berlokasi di sekitar wilayah kampus UI Depok berupa kegiatan belajar alternatif yang sejalan dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah mereka. Dalam kegiatan tersebut, anggota SNF dibantu beberapa volunteer teacher memberikan pengembangan materi pelajaran yang mereka terima di sekolah dengan cara yang lebih menyenangkan dan aplikatif dengan tujuan membantu pehaman mereka. Selain hal di atas, SNF juga memiliki kegiatan lainnya seperti Beasiswa Bagi Siswa Berprestasi, Study Tour, serta Bedah SNF.

BSO Humus (organisasi mahasiswa pencinta alam)

HUMUS adalah organisasi mahasiswa pecinta alam FEB UI. Pecinta alam yang dimaksud di sini, selain sebagai penjelajah alam, juga memiliki tujuan menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan hidup.Kegiatan rutin yang dilakukan HUMUS adalah pelatihan dasar seperti latihan fisik, pengetahuan teoritis, dan juga pengetahuan teknis dalma rangka persiapan untuk kegiatan penjelajahan alam. Kegiatan rutin berikutnya adlaah kajian tentang lingkungan hidup, yang juga dikaji dengan sudut pandang ilmu ekonomi. Pendakian yang pernah dilakukan oleh HUMUS yaitu Gunung Gede-Pangrango, Gunung Salak, Gunung Papandayan, dan Gunung Semeru. Sementara untuk kegiatan penanaman pohon pernah dilaksanakan di kawasan Gunung Putrid an Taman Nasional Gede-Pangrango.

BSO Band

Sesuai dengan visinya, BSO Band merupakan suatu organisasi badan semi otonom yang menjadi wadah untuk mengakomodasi minat musik dari masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, terutama bagi para mahasiswa-mahasiswinya. Sebagai badan semi otonom, BSO Band bernaung di bawah payung dekanat. BSO Band, sebelum menjadi badan semi otonom, BSO Band adalah sebuah unit kegiatan mahasiswa dengan nama UKF Band. UKF Band ini dirintis oleh beberapa mahasiswa FEUI yang memiliki satu keinginan untuk membuat suatu kegiatan kemahasiswaan yang bergerak di bidang musik. Pertama kali hal ini diprakarsai oleh Bryan, ketua UKF Band pertama, pada tahun 1999. Selama perjalanannya, UKF Band kegiatan d ini mulai merintis, mengorganisir, dan akhirnya menemukan bentuknya sebagai sebuah badan semi otonom. Perubahan UKF Band menjadi BSO Band terjadi pada tahun 2003 pada waktu Rega (2000) menjadi ketua UKF Band.

Unit Kegiatan Mahasiswa dalam bidang olahraga (futsal, basket, sepak bola, dan voli), dan seni (paduan suara, teater, dan seni tari).

UKF Football Association of Economics (FAE)

Sebuah wadah, tempat berlatihnya seluruh pemain sepakbola & futsal FEB UI, baik putra maupun putri, menyiapkan seluruh mental, skill dan semangat sebelum tampil membela nama ini di lapangan. Tempat berkumpul, mengapresiasikan ide dan kreativitas untuk mengembangkan sepakbola dan futsal FEB UI dari segi organisasi dan kegiatan. Di dirikan sejak kepindahan FEB UI di kampus depok. Selamat bergabung. Play hard until the whistle blows!!

UKF Basket

UKF Basket merupakan unit kegiatan fakultas yang bergerak di bidang olahraga basket. UKF ini berada di bawah pengawasan Departemen Olahraga BEM FEB UI. UKF Basket terbuka bagi seluruh mahasiswa FEB UI yang ingin menyalurkan bakat mereka di bidang basket. Kompetisi yang selalu diikuti oleh tim UKF Basket pria  dan wanita adalah FEB UI Cup dan Olimpiade UI.

Jadwal Latihan: Rabu dan Jumat pukul 16.00-20.00 di Pertamina Hall.

UKF VOLI

UKF Voli Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) merupakan media untuk menyalurkan bakat voli yang dimiliki oleh setiap mahasiswa FEB UI yang berlandaskan kebersamaan dan memprioritaskan pencapaian prestasi. UKF Voli FEB UI memiliki keinginan untuk bisa menjadi salah satu ukf yang tetap bisa  menjaga eksistensi olahraga voli di lingkungan kampus UI.

Jadwal latihan: Selasa pukul 16.00-18.00 di Pertamina Hall FEB UI.

UKF Taekwonodo

UKF Tae Kwon Do FEB UI dikatakan masih baru di fakultas ini, UKF ini berdiri pada tahun 2005. asal mula UKF Tae Kwon Do FEB UI ini berawal ketika para mahasiswa baru angkatan 2005 merasa bahwa ada yang kurang dari UKF-UKF yang beredar di FEB UI yaitu UKF beladiri. Maka dengan inisiatif sendiri para mahasiswa baru tersebut membuat latihan sederhana yang hanya diikuti oleh beberapa mahasiswa saja. Mereka berlatih di lantai bawah gedung perpustakaan,akan tetapi lambat laun peminat dari olahraga ini semakin meningkat sehingga UKF ini diresmikan. Walaupun UKF ini masih dikatakan baru, UKF ini telah menghasilkan prestasi yang cukup lumayan. Berkat semangat yang pantang menyerah akhirnya UKF ini merupakan UKF yang paling banyak menyumbangkan medali diantara cabang olahraga lainnya.

Leave a Reply