PROMOSI DOKTOR YUDI SUTARSO

Rabu, 5 Juli 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI menyelenggarakan sidang terbuka dalam rangka penganugerahan gelar Doktor Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) kepadaĀ Bapak Yudi Sutarso (Manajemen Pemasaran) Lulusan ke 227 dari PPIM.Ā Acara dilaksanakan di Gedung Auditorium FEB UIĀ Gedung Pascasarjana FEB UI Lantai 4Ā Kampus UI Depok dengan judul disertasi ā€œPeran Aktivitas Ko-Kreasi, Nilai dan kepercayaan Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Dengan Moderasi Sifat Kepribadianā€.

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh aktivitas ko-kreasi mahasiswa (SCA) terhadap kepuasan mahasiswa pada dosen (SA) dan dampaknya terhadap loyalitas mahasiswa pada program studi (LA), dengan melihat peran mediasi nilai ko-kreasi (CCV) dan kepercayaan pada dosen (TOL), serta peran moderasi sifat kepribadian dan gender terhadap hubungan pengaruh tersebut.

Metode penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuntitatif melalui survei, di mana mengambil konteks jasa pendidikan tinggi program Magister Manajemen. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara tersturuktur melalui kuesioner mandiri, di mana melibatkan 508 responden dari 890 yang disebarkan (respon rate 66%) pada 18 peguruan tinggi, yang berasal dari sepuluh kota di Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah model persamaan sturktural dengan pendekatan variance-based SEM (SEM-PLS).

Temuan. Temuan penting penelitian ini adalah adanya pengaruh aktivitas ko-kreasi terhadap kepuasan mahasiswa pada dosen, serta dampaknya pada loyalitas mahasiswa pada program studi. Nilai ko-kreasi yang duterima mahasiswa dan kepercayaan pada dosen ditemukan menjadi faktor mediasi parsial dari hubungan tersebut, Selain itu, sifatr kepribadian mahasiswa tidak menjadi faktor yang memoderasi hubungan tersebut, namun demikian gender menjadi faktor moderasi hubungan akitivitas ko-kreasi mahasiswa dan kepercayaan pada dosen.

Implikasi Manajerial. Temuan penelitian ini berimplikasi terhadap praktek pemasaran pendidikan tinggi dalam kontek penelitian ini, yang antara lain perlunya beberapa strategi pemasaran berupa antara lain : mendorong aktivitas ko-kreasi mahasiswa, menawarkan preposisi nilai mahasiwa, menjamin kepercayaan mahasiswa, dan perlunya adaptasi aktivitas ko-kreasi terhadap gender.

Kata Kunci: S-D Logic, teori sifat kepribadian, gender, ko-kreasi, kepercayaan, kinerja pemasaran, pendidikan tinggi.