Program Profesi Akuntansi (PPAk)

Program Profesi Akuntansi (PPAk)

Pendidikan Profesi Akuntansi

Akreditasi tertinggi A untuk Pendidikan Profesi Akuntansi melalui SK Ketua BAN-PT No. 001/BAN-PT/Ak-I/PP/XII/2009 tanggal 21 Desember 2009.

Program Studi Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk.) FEB UI adalah program profesi yang mendidik sarjana akuntansi untuk memperoleh sebutan Akuntan (Ak.). Program PPAk. FEB UI merupakan penyelenggara PPAk yang pertama dan terbesar di Indonesia.

Pendidikan Profesi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PPAk. FEB UI) adalah satu dari lima Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk.) batch pertama di Indonesia yang mendapatkan ijin penyelenggaraan pada tanggal 2 Desember 2002 Pada tanggal 20 Juli 2007, telah dilakukan evaluasi perpanjangan ijin oleh Komite Evaluasi & Rekomendasi Pendidikan Profesi Akuntansi (KERPPA) IAI dan memperoleh nilai 975 dari 1000, nilai tertinggi di Indonesia. Dengan nilai yang diperoleh tersebut PPAk FEB UI. mendapatkan ijin perpanjangan penyelenggarakan pendidikan profesi akuntansi selama 5 tahun.

Kurikulum PPAk. disusun berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan oleh KERPPA, yang terdiri dari 7 mata kuliah wajib dan 2 mata kuliah pilihan dengan total 22 SKS. Peserta yang telah lulus dari PPAk akan mendapat ijazah dari Universitas Indonesia. Dengan ijazah tersebut, lulusan dapat mendaftarkan diri ke Departemen Keuangan untuk mendapatkan nomor register Akuntan dan berhak menyandang gelar profesi Akuntan (Akt).

a. Visi   :

Visi dari Program Studi MAKSI- PPAk. FEB UI adalah mendidik tenaga akuntan dan profesional di bidang informasi (information professionals) yang cerdas dan “utuh” sebagai insan profesional dan meneliti, mengembangkan serta memasyarakatkan disiplin akuntansi yang sangat vital untuk merealisasi terbentuknya good public and corporate governance dalam global civil society.

 b. Misi  :

Misi dari Program Studi MAKSI – PPAk. FEB UI adalah menghasilkan lulusan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kontemporer dunia usaha, pemerintahan, dan pendidikan akan tenaga staf, tenaga manajer serta tenaga pendidik profesional. Selain itu Program Studi MAKSI – PPAk. FEB UI juga berusaha untuk memberikan bantuan dalam bentuk apapun yang berkaitan dengan kegiatan akademik/pengajaran pada program pascasarjana universitas di luar Pulau Jawa.

 c. Tujuan/profil lulusan      :

Tujuan: Menghasilkan Akuntan profesional yang mampu mengambil keputusan yang signifikan dalam bidang-bidang yang terkait dengan pelaporan korporat yang diakui secara internasional

http://maksi-ppak.feb.ui.ac.id

Pilihan Bahasa : idIndonesia