Penguasaan Tools Yang Up To date Menjadi Nilai Tambah Bagi Auditor

Penguasaan Tools Yang Up To date Menjadi Nilai Tambah Bagi Auditor

 

Melva Costanty – Humas FEB UI

DEPOK (2019/04/12) – Digitalisasi mempengaruhi hampir semua hal, tidak terkecuali proses audit dalam perusahaan. Data yang biasa tertulis di kertas ‘berubah’ menjadi paperless dengan jumlah yang sangat banyak, bahkan untuk transaksi harian sekalipun. Untuk itu seorang auditor perlu mempunyai kemampuan yang mumpuni untuk menjawab tantangan zaman tersebut. Hal ini disampaikan oleh Yulia Hengky Putra, konsultan PT. Insight Consulting dalam Kuliah Umum Dosen Tamu Mata Kuliah Pengauditan dan Asuransi 2 di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Kampus Depok.

Mahasiswa yang belum punya pengalaman bekerja tetap bisa mempunyai nilai lebih saat dengan menguasai auditing tools, Yulia juga menambahkan, “Auditor-auditor senior sudah pasti punya keunggulan, seperti sense of auditing dan pemahaman proses bisnis, apa yang mau diaudit, apa indikator-indikator fraud, mereka lebih mengerti. Namun, kemampuan tadi dimilki seiring dengan perjalanan dan jam terbang. Untuk mahasiswa yang baru akan masuk dunia kerja, kemampuan mengolah dan profiling data, serta memberikan insight membantu mereka satu langkah lebih maju dan lebih siap menghadapi dunia kerja.”

Tidak hanya memberikan penjelasan mengenai software audit, Yulia juga memberikan demo penggunaan software tersebut untuk melakukan pengolahan data.

Nur Aulia Rahmah, dosen mata kuliah Pengauditan dan Asuransi mengatakan topik ini disampaikan dalam bentuk kuliah tamu karena ingin mahasiswa melihat dari sudut pandang praktisi. “Data analitycs merupakan sesuatu yang dekat dengan industri. Selain itu, kegiatan ini sekaligus menjadi pengantar sebelum kegiatan lab. Setelah Ujian Tengah Semester, mahasiswa kelas ini akan menjalani 5 sesi lab diluar jadwal kelas dan lab-nya adalah lab data analitycs yang menggunakan software idea ini yang tadi didemokan.” (des)