UI Resmi Buka Pendaftaran Anggota MWA 2019 – 2024 Unsur Masyarat Umum

UI Resmi Buka Pendaftaran Anggota MWA 2019 – 2024 Unsur Masyarat Umum

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia berkontribusi dan mendukung UI dalam membuka kesempatan kepada masyarakat umum untuk menjadi Anggota Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) mewakili unsur masyarakat umum. Periode pendaftaran MWA UI periode masa bakti 2019 – 2024 dibuka pada tanggal 11 hingga 22 Februari 2019.

MWA UI merupakan Organ UI yang mewakili kepentingan pemerintah, masyarakat, dan universitas. Anggota MWA berjumlah 17 orang yang terdiri dari beberapa elemen, di antaranya Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Rektor, 7 Wakil Dosen, 6 Wakil Masyarakat, 1 Wakil Tenaga Kependidikan, dan 1 Wakil dari Mahasiswa.

Guru Besar FEB UI sekaligus Ketua Senat Akademik UI, Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., mengatakan bahwa nantinya, ada enam anggota MWA Unsur Masyarakat yang akan dipilih. Dua orang di antaranya akan menjadi Ketua Komite Audit dan Ketua Komite Risiko. Selain itu, syaratnya memiliki kompetensi di bidang organisasi, akuntansi, keuangan, manajemen risiko dan memiliki cukup waktu serta komitmen untuk melaksanakan tugasnya.

Selain itu, Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met menjelaskan kriteria umum Anggota MWA UI Wakil Unsur Masyarakat Umum, yakni bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki reputasi baik, komitmen, kemampuan, integritas, visi, wawasan dan minat terhadap pengembangan pendidikan tinggi, tidak memiliki konflik kepentingan, serta bukan anggota partai politik.

“Kemudian memiliki kepemimpinan, mampu bekerja sama, berempati, menginspirasi, memberdayakan, mampu berkomunikasi secara baik dan efektif, serta mampu bertindak sebagai figur penghubung UI dan masyarakat,” tambahnya.

Untuk itu, jadwal pelaksanaan pemilihan Calon Anggota MWA UI Wakil Unsur Masyarakat diawali dengan Penjaringan atau Sosialisasi kepada masyarakat luas (11 – 22 Februari 2019). Kemudian diikuti dengan penyeleksian awal dan penerimaan asupan masyarakat melalui website ui.id/mwaunsurmasyarakat serta sosial media UI (24 Februari 2019 – 5 Maret 2019) dan diakhiri dengan pemilihan dan pengumuman anggota MWA UI wakil masyarakat masa bakti 2019 – 2024 yang dilaksanakan pada 14 Maret 2019.

Berkas pendaftaran dapat diunduh melalui laman ui.id/mwaunsurmasyarakat dan kelengkapan berkas lamaran dapat diserahkan ke Sekretariat Panitia di Gedung PAUI lantai 8, kampus UI Depok atau di email ke pansus-mwa-ui19@ui.ac.id paling lambat tanggal 22 Februari 2019 pukul 16.00 WIB. (Des)