Fernando Cortinas Paparkan Strategi Internasionalisasi untuk Meningkatkan Ekspansi Pasar Global

Fernando Cortinas Paparkan Strategi Internasionalisasi untuk Meningkatkan Ekspansi Pasar Global

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

Sekar Vania Uzlah ~ International Office FEB UI

JAKARTA ā€“ Internasional Office bersama Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia selenggarakan Kuliah Tamu dengan membahas ā€œInternationalization Strategiesā€ yang berlangsung di ruang 216, Gedung MM FEB UI, pada Rabu (16/1/2019).

Prof. Fernando Cortinas selaku Professor at IE Business Scholl Madrid, Spain, Alumnus of Harvard MBA memaparkan bahwa internasionalisasi adalah serangkaian pilihan yang dapat dipilih organisasi untuk memperluas bisnisnya di luar pasar domestik. Internalisasi tidak memiliki satu jawaban atau strategi yang pasti. Ini tentang membuat kesalahan dan belajar darinya.

ā€œSangat sedikit orang yang mengidentifikasi Spanyol dengan negara industri besar. Tapi, Spanyol sebenarnya adalah produsen mobil ke-8 terbesar di dunia. Selain itu, kontribusi terbesar ekspor Spanyol yaitu mobil dan kontribusi terbesar lainnya terhadap PDBnya berasal dari sektor pariwisata,ā€ tutur Fernando Cortinas.

Persepsi dunia tentang Spanyol sebagai negara ekonomi tradisional memengaruhi kemampuan produk yang diekspor Spanyol untuk bersaing di pasar dunia, dalam hal branding dan persepsi konsumen tentang kualitasnya

Sementara itu, tangga ekspansi internasional terdiri dari ekspor langsung dari HQ, agen, distributor, kantor perwakilan, usaha patungan, waralaba, lisensi, dan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki di luar negeri.

Kualitas dibangun oleh persepsi yang dibentuk berdasarkan pengetahuan dan promosi. Misalnya, perusahaan dapat memilih untuk tetap mempertahankan harga tinggi dan meningkatkan kualitas atau menurunkan harga atau meningkatkan nilai uang. ā€œDalam menjual produk yang dianggap potensial di masa depan, yaitu dengan melakukan riset pasar (pahami karakteristik konsumen, selera, budaya). Kemudian sesuaikan produk ke pasar (bermacam-macam produk),ā€ tambahnya.

ā€œDengan itu strategi perluasan internasional yang bisa menjadi bahan pertimbangan antara lain pilihlah pasar yang ingin Anda ekspansi (negara: besar atau kecil, kaya atau miskin, dan tingkat kemakmuran), pilih produk, pilih klien atau posisi (bagaimana Anda ingin dianggap), bagaimana cara mendekati pasar (strategi masuk pasar), pilih pasangan, dam seleksi ā€˜Juara Kemenangan Nasionalā€™ jika kebijakan industri aktif (kapitalisme negara),ā€ tutupnya. (Des)

 

Ā 

Ā 

Ā