Mahasiswa S-2 PPIE Raih Juara Harapan 1 Bank Indonesia Campus Knowledge Competition

Mahasiswa S-2 PPIE Raih Juara Harapan 1 Bank Indonesia Campus Knowledge Competition

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Mahasiswa S-2 Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Riky Maulana Ikhwan angkatan 2017 berhasil meraih Juara Harapan 1 dalam Ajang Campus Knowledge Competition yang berlangsung di Gedung D, Bank Indonesia, pada Rabu (9/1/2019).

Syarat mengikuti kompetisi ini yaitu mahasiswa S-1 atau S-2 yang mengikuti mata kuliah Kebanksentralan atau Moneter. Terdapat 89 paper yang tersubmit dari mahasiswa di seluruh kampus di Indonesia.

Penilaian yang dilakukan oleh dewan juri terkait keterkaitan dengan tema lomba, metode, penulisan, dan rekomendasi kebijakan yang menjadi faktor penting dalam penilaian. Tujuan kompetisi Campus Knowledge Competition untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan memberikan rekomendasi kebijakan untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik.

“Saya menang Juara Harapan 1 dilihat dari pemabahasan paper mengenai “Infrastruktur Telekomunikasi, Inklusi Keuangan, Program Dana Desa dan Daya Saing Perekonomian Daerah”. Intinya bagaimana kita bisa mengembangkan lagi penyaluran dana desa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui jalur inklusi keuangan dengan membangun infrastruktur ICT yang didukung oleh data dari Survei Potensi Desa BPS dan beberapa dari OJK,” tutur Riky Maulana Ikhwan.

“Dari penghargaan ini, ke depannya saya ingin menyelesaikan tesis dan berusaha untuk membuat karya yang lebih baik lagi,” tambahnya.

Tentu, dibalik penghargaan yang diraih oleh Riky Maulana Ikhwan terdapat seseorang dosen pembimbing yang berkontribusi dalam memberikan arahan, koreksi, dan masukan yang sangat membantu untuk menyelesaikan paper pada lomba ini ialah Dr. Telisa Aulia Falianty. Ia menceritakan awalnya mendapatkan pengumumsn lomba sekitar Januari yang terpampang di mading PPIE, kemudian menginformasikan lomba tersebut kepada Riky Maulana Ikhwan yang merupakan mahasiswa kelas Ekonomi Moneter.

“Selama penulisan paper, saya memberikan ide judul dan arah penelitian yang diimbangi dengan bimbingan secara rutin. Saya mengakui bahwa Riky ialah mahasiswa yang cerdas dan memiliki curiosity yang tinggi. Alhasil, dia bisa memenangkan perlombaan tersebut dan dapat mengharumkan nama FEB UI,” jelas Telisa Aulia Falianty dalam keterangaannya saat diwawancarai. (Des)