Rida Rahim Kaji Pengaruh Agama Terhadap Keputusan Struktur Modal Perusahaan dalam Promosi Doktor

Rida Rahim Kaji Pengaruh Agama Terhadap Keputusan Struktur Modal Perusahaan dalam Promosi Doktor

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Rida Rahim (1306417124), di gedung Pascasarjana pada Jumat (26/10/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Dr. Cynthia Afriani Utama (Promotor), Rofiqoh Rokhim, Ph.D. (Ko-Promotor). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Kresnohadi Ariyoto Karnen (Ketua Penguji), Ruslan Prijadi, Ph.D., Dr. Regina Jansen Arsjah, Dr. Sylvia Veronica NPS, dan Maria Ulpah, Ph.D.

Disertasi yang diangkat berjudul ”Pengaruh Agama Terhadap Keputusan Struktur Modal Perusahaan”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh agama dan nilai-nilai agama terhadap keputusan struktur modal perusahaan.

Selain itu, untuk menganalisis pengaruh agama direktur utama dan nilai-nilai agama direktur utama pada struktur modal, dan sejauh mana agama dan nilai-nilai ini mempengaruhi keputusan struktur modal di perusahaan-perusahaan publik di Indonesia. Nilai-nilai agama para direktur utama tercermin dari kasus fraud dan proporsi kehadiran direktur utama rapat dewan.

Penelitian ini menggunakan 231 perusahaan sampel dan 1.386 pengamatan periode 2010-2015. Metode penelitian menggunakan regresi data panel dengan fixed effect model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa direktur utama beragama Kristen memiliki dampak signifikan terhadap struktur modal dan memiliki utang lebih besar daripada direktur utama lain dari agama yang berbeda, tetapi tidak signifikan dari direktur utama beragama Islam.

Sama halnya, direktur utama yang terlibat kasus fraud signifikan memiliki utang yang lebih besar daripada direktur utama lain. Kehadiran direktur utama pada rapat dewan berdampak signifikan positif dengan tingkat utang perusahaan.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Rida Rahim dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-264 Bidang Ilmu Manajemen. Selamat kepada Dr. Rida Rahim! (Des)