LM FEB UI Kembali Selenggarakan Pendidikan Eksekutif Asian Financial Leaders Program 2019

LM FEB UI Kembali Selenggarakan Pendidikan Eksekutif Asian Financial Leaders Program 2019

Melva Costanty – Humas FEB UI

JAKARTA – Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia kembali menyelenggarakan Asian Financial Leaders Program (AFLP). Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung IMERI, Universitas Indonesia, Kampus Salemba ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro, Ph.D.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dan diisi dengan pembicara yang memberikan wawasan mengenai perkembangan, tren dan keadaan ekonomi di Indonesia dan Asia. Pada hari pertama, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas, yang juga guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Prof. Bambang PS Brodjonegoro Ph.D memberikan keynote speech mengenai Emerging Trend & Risk of Indonesian Economy. Pada keynote speech yang disampaikan, Prof Bambang P.S. Brodjonegoro tidak hanya menyampaikan kendala-kendala yang masih dihadapi Ekonomi Indonesia, tapi juga langkah-langkah yang diambil pemerintah dalam mengatasi kendala tersebut. Selanjutnya, Prof. Marie Elka Pangestu Ph.D yang juga guru besar Ekonomi Internasional dan Prof. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti Ph.D selaku guru besar emeritus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia juga memaparkan masing-masing mengenai tren dan risiko ekonomi di wilayah Asia Tenggara dan pengaruh politik, agama, dan budaya di Indonesia terhadap sektor keuangan.

Pada topik hari kedua, pendanaan infrastruktur, Aloysius k. Ro, Deputi Menteri BUMN Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Bisnis memaparkan akan proyek-proyek Infrastruktur pemerintah. Kemudian dilanjutkan dengan Ibu Emma Sri Martini, selaku President Director PT Sarana Multigriya Infrastruktur. Para peserta juga melakukan company visit ke Tokopedia untuk mendapatkan gambaran mengenai dinamika Start Up di Indonesia yang langsung dibawakan oleh Leontinus Alpha Edison, Co-Founder Tokopedia.

Pada hari ketiga, peserta mendapat banyak insight mengenai Islamic & Microfinance. Para praktisi dari perbankan dan perbankan Syariah, seperti Bank Mandiri BRI, Maybank Indonesia, CEO BNI Syariah, Director Bank Syariah Mandiri, serta praktisi ekonomi Syariah Bapak Adiwarman Karim memaparkan topik mengenai microfinance dan sharia banking di Indonesia. Acara kemudian ditutup Oleh Bapak M. Slamet Wibowo selaku Direktur Keuangan LM FEB UI.

Prof. John Sequera, Academic Director of AFLP mengungkapkan alasan kerjasama program ini dengan Lembaga Manajemen, FEB UI, “Kualitas pembicara menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan dalam pelaksanaan program ini. Menurut saya, UI mempunyai hubungan yang kuat dengan industri (finansial) dan juga pemerintah. Saya merasa UI mempunyai kualifikasi dan sumber daya yang memadai untuk melaksanakan program ini dengan baik dan efisien,” ungkapnya.

AFLP merupakan program tahunan yang dirancang untuk executive education program bagi senior leaders dibidang jasa keuangan di Singapura yang diselenggarakan oleh Monetary Authority of Singapore dan tahun ini bekerja sama dengan Singapore Management University (SMU) Human Capital Leadership Institute. AFLP 2019 diikuti oleh 43 senior financial leaders dari berbagai perusahaan, seperti Citibank, DBS, Clifford, Barclays, dan sebagainya. Tahun ini adalah tahun kedua  LM FEB UI menjadi tuan rumah penyelenggaraan progam ini di Indonesia. (des)