Zumratul Meini Kaji Mekanisme Transmisi Suku Bunga, Investasi dan Arus Kas di ASEAN -5 dalam Promosi Doktor

 

Zumratul Meini Kaji Mekanisme Transmisi Suku Bunga, Investasi dan Arus Kas di ASEAN -5 dalam Promosi Doktor

 

 

Melva Costanty – Humas FEB

DEPOK (30/04/2019) – Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Zumratul Meini (1306417225) di gedung Pascasarjana, Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Depok.

Disertasi Zumratul Meini menguji pengaruh variabel makro, yaitu suku bunga dan variabel mikro, yaitu investasi dan arus kas, terhadap persistensi laba pada 1.082 perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Feel negara ASEAN-5 (Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Singapura) selama 2005-2015. Dalam penelitian ini juga diuji jalur mekanisme transmisi suku bunga apa yang mempengaruhi persistensi laba.

Hasil riset menunjukkan bahwa suku bunga yang rendah dimanfaatkan oleh perusahaan yang berinfestasi, sehingga memperkuat pengaruh positif investasi terhadap persistensi laba di periode berikutnya. Hasil estimasi mekanisme transmisi melalui jalur arus kas signifikan. Hal ini berarti penurunan suku bunga semakin memperkuat pengaruh positif arus kas terhadap persistensi laba. Hasil ini menunjukkan bahwa arus kas dan persistensi laba sangat sesitif terhadap perubahan nilai suku bunga, sehingga suku bunga yang rendah dan stabil dibutuhkan.

Menyatukan ilmu ekonomi dan ilmu akuntasi dalam disertasinya menjadi tantangan tersendiri bagi Zumratul.

“Menyampakan dari sisi ekonomi seperti ini, dari akuntansi seperti ini, kemudian kalau digabung jadinya seperti apa, saya harus bisa menyampaikannya karena menggabungkan dua ilmu sehingga pembimbing pun harus kolaborasi. Akhirnya mendapat promotornya justru dari Ilmu ekonomi dan co. promotor -nya dari Ilmu Akuntansi,” ungkapnya.

Menyelesaikan disertasi ditengah kesibukan sebagai dosen dan ibu rumah tangga, kejenuhan menjadi tantangan lain. Zumratul punya strategi untuk mengatasinya.

“Jadi tantangan utama kita menyelesaikan S3 itu mengatasi rasa jenuh. Kita terus menghadapi yang itu-itu saja. Tulisan kita ya itu, terus digali lagi. Jadi harus persistent, ketika mentok, saya diskusi dengan teman-teman lintas jurusan. Saya cari teman diskusi jadi bisa diajak bertukar pikiran, ” tambahnya.

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Ir. Sugiharso (Promotor), Setio Anggoro Dewo, Ph.D. (Ko-Promotor 1), Dr. Vera Diyanty (Ko- Promotor 2). Selaku tim penguji, Dr. Silvya Veronica NPS (Ketua Penguji), Dr. Ancella A. Hermawan, Dr. Ir. Mahjus Ekananda, Etty Retno Wulandari, Ph.D dan  Dr. Budi Frensidy.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Dr. Zumratul Meini dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.(des)