Kolaborasi dengan Universitas Ternama di Inggris, MM FEB-UI Buka Manajemen Industri Penerbangan

Kolaborasi dengan Universitas Ternama di Inggris, MM FEB-UI Buka Manajemen Industri Penerbangan

Delli Asterina ~ Humas FEB UI

Jakarta 22/03/2019- Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) resmikan sebuah peminatan bernama Joint MM-MBA Manajemen Industri Penerbangan atau MM Aviasi yang berkolaborasi dengan salah satu universitas ternama di Inggris, Coventry University.

Dalam peresmian yang bertempat di Kedutaan Besar Inggris, dihadiri Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN and Timor Leste, Moazzam Malik, Dekan FEB UI Prof Ari Kuncoro, Ph.D dan Associate Head of School Commercial & Enterprise, School of Mechanical, Aerospace & Auto Engineering, Coventry University Jenni Fernando.

Joint MM-MBA Aviasi FEB UI merupakan program pertama dan satu-satunya yang tersedia Indonesia. Program ini berfokus untuk menghasilkan dan mengembangkan future leader di bidang bisnis penerbangan. Diharapkan melalui dibukanya peminatan MM Aviasi, para lulusannya dapat memenuhi kebutuhan pasar akan pemimpin di industri penerbangan yang kredibel dan berdaya saing global.

Misi dari program bersama ini adalah untuk menghasilkan pemimpin yang kredibel dan sangat terampil yang setelah lulus akan mulai bekerja secara langsung di industri. Meskipun tujuan utama dari program ini adalah untuk memenuhi pasar domestik Indonesia yang berkembang, struktur sistematis dari kurikulum berbasis kompetensi yang komprehensif.

“Indonesia adalah negara yang sangat luas. Dari satu ujung ke ujung yang lain yang setara dengan London ke Teheran. Indonesia berinvestasi dalam infrastruktur yang dibutuhkan untuk menghubungkan negara yang hebat ini melalui jalan darat, kereta api dan udara. Peluncuran studi ini merupakan tonggak penting dalam melatih para pemimpin dalam bidang industri penerbangan Indonesia serta membantu membuatnya lebih aman, lebih efektif, dan terjangkau,” Ujar Duta Besar Moazzam Malik

“Saya senang bahwa salah satu universitas terkemuka dunia Inggris bekerjasama dengan Universitas terkemuka di Indonesia, Universitas Indonesia, dan saya yakin ini akan mendorong saling menguntungkan diantara kedua negara kita,” tambahnya

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ari Kuncoro, mengatakan “MM-MBA bersama dengan Manajemen Penerbangan merupakan program yang tidak ditawarkan di Universitas lain di Indonesia”

“Universitas Coventry dengan bangga meluncurkan program Master baru yang menarik ini dengan mitra utama kami Universitas Indonesia, dan Penerbangan CSE. Sebagai Universitas wirausaha dengan reputasi untuk bekerja dengan bisnis, ini adalah langkah penting dalam mendukung masa depan penerbangan Indonesia. Ini dengan jelas menggambarkan komitmen signifikan untuk membangun hubungan jangka panjang, dan mendukung prioritas strategis ekonomi yang dinamis dan berkembang ini ,” ujar Direktur Perusahaan dan Inovasi Universitas Coventry, Paul Fairburn

“Ini adalah momen bersejarah, di mana dua universitas kelas dunia telah bergabung bersama oleh CSE Aviation Consulting melalui wawasan industri, untuk menyediakan program pendidikan bersama yang langsung berlaku khususnya untuk industri Indonesia,” Ketua Penerbangan CSE, Mr. Chappy Hakim

Program MM juga berakreditasi A berdasarkan keputusan SK Ketua BAN-PT 120/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2014 serta telah ter-akreditas internasional, yakni The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow (ABEST21).
Pendaftaran MM Aviasi angkatan pertama melalui SIMAK UI (Seleksi Masuk UI) yang akan dibuka pada Juni 2019 di laman penerimaan.ui.ac.id.

Kuliah perdana akan dilaksanakan pada September 2019. Dalam perkuliahan MM Aviasi, mahasiswa akan dibekali elemen-elemen penting di dalam pengelolaan sebuah perusahaan yang bergerak di industri penerbangan serta mempelajari komponen manajamen aviasi di antaranya pelayanan penerbangan, sumber daya manusia dan struktur organisasi, keuangan, keamanan, teknologi, inventory dan komponen lainnya. (Des)