Masuki Dunia Kerja, ILUNI FEB UI Berbagi Tips Persiapannya kepada Mahasiswa FEB UI

0

Masuki Dunia Kerja, ILUNI FEB UI Berbagi Tips Persiapannya kepada Mahasiswa FEB UI

Melva Costanty ~ Humas FEB UI

DEPOK – Memasuki dunia kerja menjadi langkah selanjutnya setelah menempuh pendidikan tinggi. Berbagai persiapan dilakukan seperti menyiapkan profil diri (curriculum vitae/CV) hingga menjalani wawancara menjadi tahap awal yang akan dijalani oleh calon pekerja. Hal ini perlu disiapkan dengan baik. Dwi Fathan Lyliana, alumni FEB tahun 1993 yang saat ini bekerja sebagai Head of Human Capital Policy PT Inalum, membagikan tips menulis CV dan melakukan wawancara kerja (6/3/2019).

“Tidak hanya riwayat pendidikan saja, buat daftar pencapaian dari kegiatan-kegiatan yang kamu ikuti dan nilai-nilai yang kamu anggap penting untuk dicantumkan dalam CV. Jangan lupa cantumkan kontak diri supaya perusahaan tidak bingung mau menghubungi kemana. Hal ini sering terjadi, calon pekerja fokus pada isi CV-nya dan lupa mencantumkan kontak yang bisa dihubungi,” ujar Dwi.

Untuk menghadapi wawancara kerja, calon pekerja sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik supaya tampil percaya diri. “Berikan kesan pertama yang baik. Rileks dan duduk dengan nyaman. Saat bicara dengan pewawancara tatap matanya, sehingga terbangun relasi yang baik,” tambahnya.

Setelah memasuki dunia kerja, jenjang karir dan manajemen diri juga perlu diperhatikan. Untuk hal ini, Syahnan Poerba, alumni FEB tahun 1981, yang saat ini bekerja sebagai Direktur ABM Investama, memberikan tipsnya.

“Bagi yang baru memulai, ketahui tujuan yang ingin kamu capai, misalnya target dalam beberapa tahun mau jadi apa, kemudian atur ritme kerja. Hal lain yang tidak kalah penting, kenalkan diri pada leingkungan kerja dengan aktif mengikuti berbagai kegiatan dan mau membantu orang lain”, ujar Syahnan.

Selain itu, Syahnan juga berbagi tips untuk melakukan presentasi. Melakukan presentasi sudah menjadi menjadi salah satu kemampuan yang diperlukan dalam dunia kerja.
“Ada 4 tahap, perencanaan, persiapan, latihan dan melakukan presentasinya. Jangan lebih dari 10 slide ya, waktu presentasi maksimal 20 menit. Ukuran font juga diperhatikan jangan terlalu kecil,” kata Syahnan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Giving Back Iluni FEB UI yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu memberikan tips dan trik bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam dunia kerja. Kegiatan yang khusus untuk mahasiswa FEB ini dilaksanakan pada 6 Maret 2019 di Student Center, Kampus FEB UI, Depok. (Des)