Asisten Dosen Departemen Manajemen FEB UI Dibekali Pelatihan SPSS dan STATA

Asisten Dosen Departemen Manajemen FEB UI Dibekali Pelatihan SPSS dan STATA

 

Sintani Sari Aristi ~ Departemen Manajemen FEB UI

DEPOK – Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Software SPSS dan STATA yang dibagi dalam 2 sesi pelatihan yang diselenggarakan di Laboratorium Komputasi, Lantai 1, pada Sabtu (23/2/2019).

Pelatihan software ini diisi oleh para asisten senior yang juga telah menguasai/handal dalam kedua software tersebut, yaitu Trainer. Pelatihan untuk materi Sofware SPSS diisi oleh Uliyatun Nikmah, S.E., sedangkan materi Software STATA diisi oleh Natanel Waraney Gerald Massie.

Kedua Pelatihan Software ini memang diselenggarakan khusus untuk pengembangan dan peningkatan kompetensi asisten dosen yang baru saja direkrut Departemen Manajemen dalam 2 semester terakhir, dimana mereka telah melewati tahapan proses rekrutmen mulai dari seleksi administrasi, wawancara, psikotest ataupun wawancara dengan Psikolog.

Pelatihan ini sebenarnya ditujukan untuk para asisten agar dapat mengambil manfaatnya didalam pengajaran di Prodi yang mengassign para asisten dosen ataupun para dosen yang mengassign untuk mendukung penelitian yang pastinya akan sangat berguna untuk pengembangan kompetensi bagi para asisten dosen. Dalam kedua pelatihan software ini diikuti oleh 13 peserta asisten dosen dari beberapa konsentrasi/peminatan di Departemen Manajemen FEB UI.

Selanjutnya untuk sesi pertama pelatihan SPSS diisi dengan pembahasan oleh Uliyatun Nikmah, S.E. mengisi pelatihan pengolahan data dengan SPSS diisi dengan materi pengenalan dan pengolahan data statistik dengan SPSS, kemudian diikuti dengan praktek/latihan penggunaan pengolahan data SPSS.

Begitu pula sesi kedua pelatihan STATA yang diselenggarakan setelah makan siang pun tetap masih diikuti oleh seluruh asisten yang hadir pada hari itu. Diawali dengan materi/teori mengenai STATA kemudian praktek/latihan pengolahan data apa saja yang dapat menggunakan STATA.

Kedua Pelatihan software ini pun diakhiri dengan beberapa tanya-jawab serta latihan-latihan peserta yang diberikan trainer untuk lebih memantapkan kompetensi mereka. (Des)