PPA FEB UI Jadi Mitra USAID dan BPKP untuk Perkuat Kompetensi Auditor Internal di Indonesia

PPA FEB UI Jadi Mitra USAID dan BPKP untuk Perkuat Kompetensi Auditor Internal di Indonesia

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas melakukan kunjungan ke kantor Inspektorat Kabupaten Temanggung, Rabu (13/2/2019). Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan PPA FEB UI sebagai mitra dari USAID CEGAH dan BPKP dalam Project Strengthening Indonesia’s Internal Auditor Competency through Auditor Functional (JFA) Programs and Curriculum Reform.

PPA FEB UI dalam kunjungan ini membentuk suatu tim. Tim Ini terdiri dari beberapa anggota yang diambil dari berbagai dosen yang memiliki latar belakang di Audit baik di Sektor Private maupun Publik, Tata kelola, Manajemen Risiko, Internal Audit, dan yang pernah memiliki pengalaman terkait penyusunan kurikulum. Selain itu, diperkuat juga oleh salah satu Guru Besar FEB UI sebagai Advisor dan narasumber, yaitu Prof. Lindawati Gani.

“Untuk Tim yang berkunjung, karena kegiatan dilakukan secara paralel dengan interview pihak yang terkait lainnya, dibagi rata penugasan, sedangkan yang ikut dalam kunjungan ini, yaitu diketuai oleh saya, M. Ichsan, dan Feri Priatna,” ucap Vera Diyanty saat diwawancarai oleh Humas FEB UI.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Tim PPA FEB UI melakukan metode dalam pengambilan data di antaranya dengan melakukan interview dan FGD dengan pihak stakeholder, di mana seluruh sampel yang terpilih dengan metode Purposive Sampling yang sudah disepakati dengan pihak mitra USAID CEGAH dan BPKP dengan pihak auditor mulai dari Auditor Pertama sampai dengan Auditor Utama serta User dari berbagai Kementerian dan Lembaga, 5 Deputy BPKP, Asosiasi Auditor Pemerintah, IIA, Pusbim JFA BPKP, PusdiklatWas BPKP, LAN, termasuk Inspektorat Daerah serta Kepala Dinas tertentu dari berbagai daerah yang terpilih sebagai sampel.

Sementara itu, sampel daerah yang terpilih untuk kegiatan interview meliputi berbagai kota dan kabupaten provinsi, salah satunya yakni Kabupaten Temanggung. “Kegiatan interview di Temanggung kami lakukan kepada Kepala Dinas Kesehatan dan Inspektur Kabupaten Temanggung sedangkan kegiatan FGD kami lakukan kepada Auditor Pertama sampai Auditor Madya di Kabupaten Temanggung serta Auditor dari Perwakilan BPKP Jawa Tengah,” tambah Vera Diyanty.

Tujuan dari kegiatan ini di antaranya memberikan gambaran gap kompetensi yang ada saat ini dengan kesesuaian kompetensi sesuai dengan IIA dan peraturan terkait yang mengatur tentang kompetensi dari JFA dan APIP, mengimprove kurikulum yang ada saat ini berdasarkan peta gap di atas dengan kesesuaian dengan IIA dan peraturan yang terkait yang mengatur kompetensi Auditor, mengimprove Sistem dan Pelatihan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawas (PusdiklatWas) BPKP.

Dalam kunjungan ini, antusias dari auditor sangat luar biasa menyambut positif pelaksanaan FGD terutama dukungan dari Kepala Inspektorat Temanggung, Ir. Cuk Sugiyarso, M.Si., sehingga masukan yang diperoleh sudah terwakili secara keseluruhan. Topik yang diajukan Tim PPA FEB UI sangat relevan dengan tujuan dari proyek ini, sehingga pelaksanaan FGD selama 4 jam dilalui dengan efektif.

Dengan demikian, kami cukup banyak memperoleh informasi dan masukan yang terkait untuk pengembangan kompetensi Auditor serta pelaksanaan Pelatihan baik kompetensi soft skill maupun hard skill yang disesuaikan dengan arah kebutuhan saat ini. “Kedepannya diharapkan bisa menjadi trusted Advisor yang memang dibutuhkan oleh Auditor dalam pelaksanaan tugasnya serta gambaran bagaimana seharusnya penyampaian materi dalam diklat penjejangan Auditor,” tutupnya. (Des)