Departemen Akuntansi Sosialisasikan Kurikulum Terbaru untuk Mahasiswa Akuntansi 2017 – 2018

Departemen Akuntansi Sosialisasikan Kurikulum Terbaru untuk Mahasiswa Akuntansi 2017 – 2018

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan Sosialisasi Kurikulum dan Urutan Pengambilan Mata Kuliah S-1 Akuntansi bagi mahasiswa Akuntansi angkatan 2017 – 2018 yang bertempat di Auditorium Soeria Atmadja, Gedung Dekanat, pada Rabu (13/2/2019).

Ketua Departemen Akuntansi, Dr. Ancella A. Hermawan membuka sosialisasi ini dengan menyampaikan bahwa Departemen Akuntansi mempunyai kespesialan atau kekhususan terkait mata kuliah pilihan karena langsung bekerjasama dengan industri. Selain itu, saat ini Wakil Dekan 1 sedang mencanangkan bahwa syarat lulus mahasiswa Akuntansi 2017 – 2018 harus aktif mengikuti kuliah umum dan kuliah tamu.

Kami sangat mendorong dan mendukung bagi mahasiswa Akuntansi yang mempunyai minat exchange. “Saya berharap sosialisasi ini akan memberikan informasi yang cukup jelas sehingga diharapkan mahasiswa paham tentang sosialisasi kurikulum dan urutan pengambilan mata kuliah S-1 Akuntansi,” tutup sambutannya.

Dr. Dyah Setyaningrum selaku Ketua Program Studi S-1 Reguler Akuntansi memaparkan materi bahwa struktur kurikulum berjumlah 144 SKS dengan kelompok mata kuliah yang terdiri dari wajib universitas (18), wajib rumpun (3), wajib Fakultas (36), wajib Program Studi termasuk Tugas Akhir (75), pilihan (12), tugas akhir magang atau skripsi (6). Mata kuliah pilihan peminatnya minimal 15 orang. Selain itu, SKS dalam mata kuliah bahasa inggris berjumlah 13 SKS.

Tugas Akhir tergolong menjadi dua bagian, pertama magang. Syarat untuk bisa mengikuti magang, yaitu telah mengambil minimal 114 SKS yang disyaratkan oleh Prodi S1 Akuntansi, jika aktivitas magang dilakukan bersamaan dengan mengambil mata kuliah, jika aktivitas magang dilakukan bersamaan dengan mengambil mata kuliah, maka jumlah maksimal mata kuliah yang bersamaan dengan magang adalah 3 mata kuliah.

Jika magang dilakukan dalam masa libur semester setelah semester genap, maka jumlah maksimal mata kuliah yang diambil bersamaan dengan pengambilan SKS magang menyesuaikan dengan SKS maksimal yang dapat diambil sesuai dengan IPS saat registrasi, apabila mahasiswa melakukan magang pada masa libur semester, mahasiswa harus mengambil SKS magang pada semester terdekat setelah periode magang, dan mata kuliah magang telah didaftarkan dalam Formulir Rencana Studi pada semester yang bersangkutan (atau semester berikutnya apabila magang dilakukan dalam masa libur semester).

“Tugas akhir kedua ialah skripsi yang terbagi menjadi dua jenis, yakni skripsi studi empiris dengan syarat IPK > 3.5 pada saat akan registrasi online skripsi, telah memperoleh 129 SKS, telah mengambil mata kuliah pilihan Metode Penelitian Akuntansi dan skripsi studi kasus dengan syarat pernah melaksanakan program magang non SKS di perusahaan yang memenuhi persyaratan Prodi, telah memperoleh 129 SKS, dan telah mengambil mata kuliah Metode Analisis Kasus Akuntansi dan Bisnis,” ucap Dyah Setyaningrum.

“Pertukaran pelajar (exchange) dikhususkan bagi mahasiswa Akuntansi yang berminat dengan syarat bahwa disarankan untuk diambil paling cepat semester 7, jika memiliki minat untuk melakukan pertukaran pelajar sangat dianjurkan untuk direncanakan sejak awal. Konsultasi dengan dosen pembimbing akademik harus dilakukan untuk mengoptimalkan urutan pengambilan mata kuliah sehingga tetap dapat lulus tepat waktu, dan informasi kampus yang membuka kesempatan pertukaran pelajar dapat dilihat di https://international.ui.ac.id/,” tutupnya. (Des)