Magister Akuntansi FEB UI dan ICMA Kolaborasi Selenggarakan CFO Awards 2019

Magister Akuntansi FEB UI dan ICMA Kolaborasi Selenggarakan CFO Awards 2019

 

Delli Asterina ~ Humas FEB UI

Chief Financial Officer (CFO) memiliki peranan penting terhadap strategi perusahaan. CFO juga merupakan mitra strategis bagi CEO. CFO memiliki peran yang berfokus pada kepatuhan dan kontrol kualitas, hingga ke perencanaan bisnis dan perubahan proses.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap peran CFO, Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia berkolaborasi dengan Institute of Certified Management Accountant (ICMA) Indonesia menyelenggarakan Indonesia CFO Awards 2019 yang diselenggarakan di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Jakarta. Acara tersebut merupakan kolaborasi antara ICMA dengan Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan Sekolah Bisnis IPMI yang diselenggarakan oleh Lintas Solusi Sigma.

Dalam acara tersebut, Iman Subekti, VP ICMA Indonesia Branch mengatakan, terdapat 5 CFO yang menerima penghargaan. Diantaranya ialah Leonardus Wahyu Wasono dari PT Telkomunikasi Indonesia International untuk CFO of The Year, Fuad Rizal dari PT Garuda Indonesia untuk Best CFO in Cost Management, Ridwan Zachrie dari PT Perikanan Nusantara untuk Best CFO in Environment & Society, Ervina Waty dari PT Ismaya untukBest CFO in Business Analysis, dan Lenggogeni dari PT Industri Nuklir Indonesia untuk Best CFO in Risk Management.

“Untuk mendapatkan penghargaan tersebut, seorang CFO harus memenuhi beberapa kriteria seperti memiliki kemampuan sebagai akuntan, kemudian mampu mengidentifikasi masalah, dan mampu mengkomunikasikan dengan baik. Selanjutnya memiliki strategi improvement, dan improvement yang sudah diimplementasikan di perusahaan. Serta seberapa besar impact dari strategi yang sudah diterapkan,” tutup Iman.