Cerita Dibalik Akhir dari Perjalanan Mahasiswa Exchange di FEB UI

Cerita Dibalik Akhir dari Perjalanan Mahasiswa Exchange di FEB UI

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

Nabila Jasmintia ~ International Office FEB UI

DEPOK – International Office Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menggelar Farewell Reception dengan mahasiswa exchange UI selama semester ganjil 2018/2019. Sesi ini dihadiri oleh mahasiswa asing asal Jepang, Malaysia, dan Australia. Mereka berbagi pengalaman tinggal dan berkuliah di Indonesia, pada (21/12/2018).

Beberapa mahasiswa mengungkapkan betapa berbedanya pengalaman berkuliah di FEB UI dengan di universitas asal mereka. “Saya merasa mahasiswa FEB UI sangat aktif di kelas. Mungkin ini juga karena ukuran kelas yang kecil, berbeda di Malaysia yang satu kelasnya dapat mencapi 100 orang. Ini menjadi tantangan bagi saya untuk menjadi lebih aktif dan berani,” jelas salah seorang mahasiswi asal Malaysia.

“Kalau di kampus saya, satu kelas dapat berisi hingga 300 orang. Sementara di sini (FEB UI), maksimal hanya sekitar tiga puluh orang,” cerita Emily Halloran, mahasiswi asal University of Sydney, Australia.

“Lalu di sini juga sangat memerhatikan absensi, sementara di kampus saya tidak. Oleh karena itu, teman-teman saya selalu panik menghitung daftar kehadiran mereka sebelum ujian,” lanjutnya sambil tertawa.

Emily yang turut menjadi pembawa acara Farewell Reception juga merupakan salah satu student ambassador International Office FEB UI. Ia juga berbagi cerita singkat mengenai pengalamannya menjadi student ambassador sekaligus mempraktikan bahasa Indonesia yang ia pelajari di kelas BIPA FIB UI.

Selain itu mereka juga tidak hanya bercerita terkait kehidupan akademik di FEB UI. Salah satu mahasiswa asal Jepang, Riku Nakazawa, menuturkan pengalamannya menjelajahi Indonesia. Mulai dari berwisata ke pegunungan seperti Puncak Bromo, Dataran Tinggi Dieng, hingga merasakan hidup dengan masyarakat suku Baduy di Banten.

Kemudian beberapa mahasiswa juga menyampaikan umpan balik mengenai perkuliahan di FEB UI untuk menjadi saran sekaligus perbaikan kualitas pelayanan akademik dan pengajaran. Setelah sesi sharing, International Office FEB UI memberikan kenang-kenangan untuk mahasiswa asing.

“Semoga Universitas Indonesia tetap menjadi bagian dari ingatan kalian (exchange student). Tetap berkontak dengan kami. Semoga suatu hari nanti dapat berkunjung ke Indonesia lagi dan bertemu kembali,” sambutan penutup Muthia Pramesti selaku Kepala Internasional Office FEB UI. (Des)