FEB UI Sapu Bersih Medali Emas Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis dan Manajemen 2018

FEB UI Sapu Bersih Medali Emas Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis dan Manajemen 2018

 

Delli Asterina – Humas FEB UI

DEPOK – Kebanggan bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia kembali ditorehkan mahasiswa FEB UI. Tim Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyapu bersih medali emas pada seluruh kategori lomba di Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis dan Manajemen 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 8-9 November 2018.

Diselenggarakan di Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), acara yang merupakan cikal bakal dari  kompetisi tahunan di bidang bisnis dan manajemen yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, khususnya Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) memiliki tema besar “Innovation for Humanity”.

Ajang ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa di seluruh Indonesia terdiri dari perwakilan mahasiswa dari SBM ITB, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Riau Kepulauan, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Prasetya Mulya, Universitas Parahyangan, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Malang dan Universitas Esa Unggul.

Kategori lomba terdiri dari analisis riset investasi, analisis kasus bisnis human resource-knowledge management dan perencanaan bisnis dengan aspek sosial berkelanjutan. FEB UI mengirimkan 3 tim diantaranya tim DHN Capital, Tim 1849 Musketeers dan Tim Pedal FEB UI.

Tim DHN Capital FEB UI memenangkan juara 1 pada kategori lomba analisis riset investasi terdiri dari Dharmadi Gusanto (Manajemen 2015), Hendyanatan (Manajemen 2015) dan Namira (Akuntansi 2015). Tim 1849 Musketeers FEB UI memperoleh juara 1 pada kategori lomba analisis kasus bisnis human resource & knowledge management, dengan anggota tim Evita Martha (Ilmu Ekonomi 2015) dan Nathanael Abednego (Akuntansi 2015). Selain itu, Tim Pedal FEB UI  UI juga meraih juara 1 pada kategori lomba perencanaan bisnis berkelanjutan, yaitu terdiri dari Nahla Nurussafa, Akbar Ardino dan Nadira Hanita, yang ketiganya merupakan mahasiswa Departemen Manajemen FEB UI.

“Untuk tim DHN Capital FEB UI, paper kami berupa rekomendasi “BUY” untuk saham TLKM. Rekomendasi ini berdasarkan analisa bisnis dan prospek industri telekomunikasi indonesia pasca registrasi SIM card prabayar, dimana kinerja keuangan TLKM berada di bawah ekspetasi ketika peraturan efektif telah berlaku. Kami melihat bahwa kinerja yang dibawah ekspetasi hanyalah sementara,” kata Dharmadi Gusanto.

“Untuk tim 1849 Musketeers, kriterianya kami harus mencari strategi untuk pengembangan sistem Human Resource yang lebih baik di perusahaan yang sudah mengimplementasikan industri 4.0. Keberadaan revolusi Industri 4.0 merupakan peluang dan juga tantangan bagi perusahaan manufaktur di Indonesia, termasuk PT. Pan Brothers Indonesia. Kelompok kami memilih PT Pan brothers dengan memformulasikan solusi terintegrasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di PT Pan Brothers yaitu acquire, improve, dan retention untuk mempersiapkan SDM di PT Pan Brothers dalam menerapkan teknologi industri 4.0.,” ujar Evita Marta perwakilan mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI yang juga merupakan Mahasiswa Berprestasi Nasional tahun 2018.

Dewan juri pada kompetisi ini merupakan gabungan dari para akademisi dan praktisi, antara lain dari SBM ITB, Universitas Indonesia, Universitas prasetya Mulya, Universitas Padjajaran, Worldbank, British Council, Aerowisatafood, CFA Indonesua, Novo Nordisk, Minang Kakao.

“Kami belajar untuk dapat mengimementasikan ilmu dan konsep pelajaran finance yang telah dipelajari di kuliah karena paper yg dikerjakan dituntut untuk memiliki kualitas analisis seperti yang dikerjakan oleh analis profesional di pasar modal. Langkah ke depannya setelah mendapatkan penghargaan ini harus tetap belajar. Terutama memperdalam analisis fundamental karena ketertarikan untuk bekerja di dunia profesional yang terkait dengan bidang ini,” tutup Dharmadi Gusanto. (Des)