LM FEB UI dan BUMN Berorientasi Global Lakukan Studi Banding ke Malaysia

LM FEB UI dan BUMN Berorientasi Global Lakukan Studi Banding ke Malaysia

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia memfasilitasi kunjungan sejumlah BUMN yang berorientasi pada bisnis global untuk melakukan studi banding ke Khazanah Nasional Berhad, Malaysia.

Pada kunjungan ke Khazanah Nasional Bhd, para eksekutif BUMN yang mengikuti benchmarking ini diterima oleh Executive Director Investment Khazanah, Amran Hafiz. Ia mempresentasikan proses transformasi agar mampu merubah kinerja menjadi lebih baik. Selain itu, juga menjelaskan bahwa misi utama Khazanah adalah mengelola BUMN dengan prinsip komersial dan tugas lainnya yang bersifat strategis, yaitu mengelola BUMN yang bersifat rintisan.

Misalnya, saat ini portfolio Khazanah juga meliputi bisnis startup dan bisnis agrifood yang bersifat pioneering. Sementara itu, lanjutnya, ‘best talent’ diperoleh melalui rekrutmen di universitas terbaik dalam dan luar negeri.

“Pentingnya strategi manajemen holding yang dilakukan oleh Khazanah dapat diadaptasi oleh BUMN yang berorientasi global. Hal itu ditekankan terutama pada proses penilaian kinerja portfolio dan direksi pengelola perusahaan yang dilakukan secara reguler,” tutur Toto Pranoto selaku Managing Director LM FEB UI dalam rilis tulisannya di Kompas.com, (8/11/2018).

Sebagai catatan, bisnis BUMN Khazanah Nasional Bhd selama ini dapat dilihat di Indonesia. Bahkan, Indonesia telah menjadi salah satu pasar penting bagi portfolio produk Khazanah nasional Bhd.

Selain masuk melalui CIMB (bank), Axiata (telekomunikasi), dan jalan tol, Malaysia juga mulai masuk melalui penempatan langsung di group Blue Bird. Total investasi Khazanah di Indonesia sekitar 5 persen dari total investasi di luar negeri. Posisi itu menempatkan Indonesia di urutan kedua tujuan investasi Malaysia setelah China.

“Adapun total investasi malaysia di China sebesar 7 persen dari total investasi di luar negeri. Total portfolio Khazanah di seluruh dunia sekitar 45 persen dan selebihnya 55 persen investasi dilakukan di domestik. Total Aset Khazanah saat ini mencapai 37,7 miliar dollar AS, sementara ekuitas mencapai 27,7 miliar dollar AS,” tutupnya. (Des)

 

Sumber: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/08/215942026/bumn-berorientasi-global-studi-banding-ke-khazanah-nasional-berhad