PPIA FEB UI Datangkan Associate Professor dari University of Kansas dalam Workshop Publishing Academic Research

PPIA FEB UI Datangkan Associate Professor dari University of Kansas dalam Workshop Publishing Academic Research

 

Nino Eka Putra & Muhamad Adiazyah Hafiz ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan Workshop Publishing Academic Research yang diperuntukkan bagi mahasiswa Pascasarjana Akuntansi yang berlangsung di Auditorium Pascasarjana, pada Rabu (31/10/2018).

Kuliah ini dibuka oleh Yulianti Abbas, Ph.D., selaku Ketua Program Studi S2 dan S3 PPIA. Sebagai pemateri disampaikan oleh Adi Masli Ph.D., selaku Associate Professor University of Kansas, USA. Secara umum, materi utama yang disampaikan adalah bagaimana ruang lingkup publikasi riset dalam kalangan akademisi di Amerika Serikat.

Ia menyampaikan bahwa ruang lingkup kompetisi riset terus berjalan cepat dengan persaingan global. Pengalamannya di University of Kansas menjadi komparasi utama terhadap publikasi riset dengan mengajar atau memberi pelayanan.

“Cakupan riset yang saya angkat adalah auditing, sistem informasi, dan manajemen. Secara spesifik, mencari irisan berikut kaitan dari cakupan–cakupan riset ini. Selain itu, saya menjabarkan bagaimana riset ini dimulai dan apa dampak kedepannya,” tutur Adi Masli.

Proses riset pada paper, khususnya di Bidang Akuntansi lebih tebal dengan rentang waktu publikasi yang lama dengan perbandingan bidang ilmu lainnya, seperti Biologi, Kimia, Fisika. Ini menjadi tantangan yang dihadapi khususnya dalam Bidang Akuntansi dengan rujukan sejarah Akuntansi yang sudah ada sejak ratusan tahun.

Penyebabnya adalah bahan-bahan yang dirisetkan semakin sedikit dan membuat research question yang dasar sudah mencapai konklusi. Untuk itu, tantangan utama adalah mengolah research question secara kreatif dalam memecahkan riset dalam studi kasus.

Selain itu, jenjang karir Accounting Professor di Amerika Serikat dengan Indonesia menjadi perbandingan dasar yang berbeda. Tahapan Program Amerika Serikat dimulai dari Program Ph.D hingga full professor harus melewati beberapa tahapan. Diawali dari Program Ph.D selama 4 – 5 tahun, setelah lulus menjadi Asisten Profesor. Kemudian, dalam kurun waktu 6 tahun harus melewati dengan sebutan tenure (antara profesor tetap Universitas itu atau keluar dari Universitas tersebut).

Kriteria yang harus dicapai untuk tenure ini mengenai faktor yang paling signifikan mengenai kriteria riset publikasi. “Jadi, untuk mendapatkan gelar profesor di Amerika Serikat ditentukan oleh Universitas terkait dan bukan dari pemerintah. Itulah perbedaan Amerika Serikat dan Indonesia,” jelas Adi Masli.

“Saya memberikan beberapa poin berdasarkan pengalaman mengenai bagaimana bisa sukses dalam publikasi riset Jurnal Internasional dengan mencintai & mempunyai semangat terhadap suatu riset, selalu ada rasa ingin tahu dan ingin belajar. Selain itu, bersugesti bahwa riset itu selalu menyenangkan, riset juga dihasilkan dari usaha/kerjasama tim yang saling melengkapi, jangan mudah menyerah, dan harus mempunyai motivasi hidup untuk berkonsisten agar berproduktif dalam menghasilkan riset yang bermutu tinggi,” tutupnya. (Des)