Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI Raih Best Delegate Asia World Model United Nations

Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI Raih Best Delegate Asia World Model United Nations

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Mahasiswa Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia angkatan 2017, Sendy Jasmine Karunia Hadi, memperoleh penghargaan Best Delegate dalam ajang Asia World Model United Nations yang berlangsung di Coex Exhibition, Seoul, South Korea, (15/8/2018).

Asia World Model United Nations ialah ajang Model United Nations yang membutuhkan skill dari peserta yang disebut sebagai delegate yang merupakan skill dalam melakukan speech, negosiasi, research, hingga drafting. Ajang ini diselenggarakan oleh pihak IGN (International Global Network).

Peserta pesaingnya berasal dari berbagai negara, di antaranya Filipina, Cina, Korea Selatan, Malaysia, Turkmenistan, Australia, Amerika Serikat, Belanda, dan Kenya. Penilaiannya dimulai dari position paper yang dikumpulkan sebelum acara. Position paper itu sendiri berisikan deskripsi mengenai stance peserta sebagai seorang delegate yang sedang merepresentasikan suatu negara di PBB.

“Saya membuat 2 paper, yaitu mengenai Empowerment of Indigenous Women dan Economic Empowerment in the Changing World of Work. Dari kedua paper tersebut membahas bagaimana memberdayakan wanita di dunia ini, Karena kebetulan saya berada di dalam suatu council yg khusus membahas mengenai pemberdayaan wanita, yaitu UNCSW,” ucap Sendy saat diwawancarai, (27/10/2018).

Data yang diperoleh di kedua paper tersebut sebagian besar dari website PBB dan organisasi di bawah PBB terkait lainnya seperti World Bank. “Selain itu, karena kebetulan saya disini sebagai delegasi dari Brazil, maka saya juga menggunakan banyak data dari website resmi pemerintah Brazil,” tambah dia.

Ajang ini bermanfaat untuk membantu mengembangkan kemampuan public speaking dalam bahasa Inggris. Selain itu, dituntut untuk dapat bernegosiasi dengan baik serta melakukan penelitian guna mendapatkan data-data yang bisa dipakai untuk membuat resolusi yang akan menjawab permasalahan yang sedang dibahas.

“Langkah berikutnya, tentunya saya ingin kembali mewakili Universitas Indonesia khususnya FEB UI dalam ajang internasional lainnya, karena masih banyak sekali ajang seperti ini yang diselenggarakan di berbagai negara,” tutupnya. (Des)