Departemen Akuntansi FEB UI Gelar Sosialisasi Karya Akhir Skripsi dan Magang

Departemen Akuntansi FEB UI Gelar Sosialisasi Karya Akhir Skripsi dan Magang

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia selenggarakan Sosialisasi Karya Akhir Skripsi dan Magang bagi para mahasiswa Prodi Akuntansi S-1 Reguler/Paralel yang bertempat di Auditorium Soeria Atmadja, pada Rabu (31/10/2018).

Sosialisasi ini disampaikan oleh Dr. Dyah Setyaningrum, M.S.M., CPMA., CA., selaku Ketua Program Studi S-1 Akuntansi. Bentuk karya akhir terbagi menjadi tiga bagian, yaitu laporan magang, skripsi (empiris dan studi kasus), dan studi mandiri. Pertama, mengenai magang dilihat dari tempat dan waktu magang. Ruang lingkup magang meliputi akuntansi & pelaporan keuangan, akuntansi manajemen, manajemen keuangan, perpajakan, pengauditan dan asuransi, tata kelola & manajemen risiko, sistem informasi, dan strategi organisasi.

“Bab laporan magang terdiri dari 5 bagian, yaitu pendahuluan, profil organisasi & aktivitas magang, pembahasan, kesimpulan & rekomendasi, dan refleksi diri. Pengambilan karya akhir hanya boleh dilakukan oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan (lulus) mata kuliah minimal 115 SKS untuk spesifik magang. Selain itu, penilaian magang berdasarkan pada prestasi kinerja magang oleh perusahaan dengan bobot 30%, penulisan laporan magang (karya akhir) dengan bobot 50%, dan presentasi dengan bobot 20%,” ucap Dyah.

Kedua, terkait skripsi dimulai dari kriteria empiris, yaitu tingkat kebaruan penelitian (novelty), metode penelitian, konteks penelitian, kontribusi, dan referensi. Alur proses pendaftaran skripsi sesuai SOP pengajuan proposal, meliputi mahasiswa mengirimkan proposal skripsi, setelah menerima proposal, prodi akan mengirimkan surel balasan berupa daftar dosen sesuai topik, mahasiswa membalas surel dengan memilih 3 nama dosen, prodi akan menginformasikan dosen pembimbing kepada mahasiswa untuk melakukan bimbingan pertama, bimbingan dilakukan minimal 8 kali, dan memilih tugas akhir saat registrasi akademik (SIAK-NG).

Isi proposal skripsi terdiri dari pendahuluan, landasan teori singkat yang relevan bukan definisi, metode penelitian, daftar literatur, surat pernyataan yang ditandatangani mahasiswa bersangkutan bahwa skripsi yang akan ditulis belum pernah ditulis sebelumnya oleh orang lain, melampirkan daftar skripsi yang berhubungan dengan skripsi yang akan ditulis yang di perpustakaan UI.

“Topik penulisan pun terspesifikasi, meliputi akuntansi keuangan dan pasar modal, akuntansi biaya dan akuntansi manajemen, auditing dan internal auditing, corporate governance & CSR, perpajakan, sistem informasi akuntansi, akuntansi sektor publik, akuntansi syariah, dan akuntansi pendidikan dan profesi,” jelas Dyah.

Ketiga, mengenai ketentuan studi mandiri bahwa mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman melakukan riset mandiri bagi mahasiswa. Di bawah bimbingan seorang pengajar, mahasiswa ditugasi untuk melakukan riset tentang salah satu topik yang tercakup dalam peminatan yang diambilnya. Dalam tahap awal, mahasiswa dan pengajar menyusun rencana studi dan bahan bacaan yang akan dipelajari serta tahap-tahap studi.

”Hasil akhir dari proses ini adalah sebuah makalah dengan jumlah halaman tidak lebih dari 40 halaman yang menunjukkan hasil dari bacaan dan penerapannya dengan menggunakan data empirik. Bisa diambil bagi mahasiswa yang mengikuti program exchange agar dapat lulus tepat waktu,” tutupnya. (Des)