Departemen Manajemen FEB UI Hadirkan Dosen Tamu dari Dexa Group

Departemen Manajemen FEB UI Hadirkan Dosen Tamu dari Dexa Group

 

Saskia Ananda ~ Humas FEB UI

DEPOK ─ Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan kuliah tamu dengan pembicara Wimala Widjaja yang merupakan Chief Information Officer & Press Director PT Dexa Group dan Director PT Equilab International, pada Rabu (17/10/2018).

Dalam kuliah tamu ini, Ia membahas mengenai pengenalan industri farmasi di Indonesia dan sistem informasi di industri farmasi. Di ASEAN, perusahaan farmasi yang paling besar adalah United Lab yang berada di Filipina. Sedangkan di Indonesia, 3 besar perusahaan farmasi adalah Kalbe Farma, Dexa Group, dan Sanbe.

“Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan industri farmasi karena besarnya penduduk yang ada di Indonesia. Industri farmasi merupakan industri yang termasuk heavily regulated. Perusahaan-perusahaan farmasi ke depannya harus memikirkan industri farmasi yang berevolusi menjadi satu digital platform,” tutur Wimala Widjaja.

PT Dexa Group hingga saat ini sudah memasarkan 700 jenis obat baik di dalam negri maupun yang di ekspor ke mancanegara. Hasil produksi obat dari dexa group yaitu obat generik, obat life saving, dan obat herbal.

Ia juga membahas mengenai Sistem Informasi dan Project ERP Dexa Group. Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. Di Dexa Group sendiri, sistem ERP dibagi menjadi dua yaitu buy side ERPdan Sell Side ERP.

Project timeline dari ERP sendiri dapat memakan waktu kurang lebih 9 bulan. Salah satu hal yang penting dalam ERP project adalah project organization structure. “9 faktor kunci sukses ERP, yaitu komitmen manajemen puncak, penetapan sasaran yang jelas & perencanaan anggaran, rekayasa ulang proses bisnis, manajemen perubahan, manajemen proyek yang efektif, tim proyek yang baik, manajemen lingkup creep, data & persetujuan tepat waktu, dan pendidikan,” tutupnya. (Des)